Topik Terhangat

Wakil Walikota Banda Aceh Akan Buka Piasan Seni 2013

Wakil Walikota Banda Aceh Akan Buka Piasan Seni 2013

Wakil Walikota Banda Aceh Akan Buka Piasan Seni 2013

BANDA ACEH | DiliputNews.com –  Wakil Walikota Banda Aceh Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE, direncanakan akan membuka pergelaran akbar Piasan Seni Kota Banda Aceh 2013 di Taman Sari, pada Rabu, 21 Agustus 2013 mendatang.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh, Reza Fahlevi kepada DiliputNews.com, Senin (19/8) di Banda Aceh.

“Event tahunan yang berlangsung dari tanggal 21 hingga 24 Agustus itu akan diikuti oleh ratusan seniman dari berbagai bidang, semua persiapan sudah rampung,” ungkap Reza Fahlevi.

Mereka akan memeriahkan panggung-panggung piasan seni sesuai dengan keahlian dan keunikan masing-masing. “Selain panggung seni, juga ada puluhan stand dari berbagai komunitas seni yang ada di Aceh,” tambahnya.

Ia menjelaskan, rangkaian besar acara yang dilaksanakan di Taman Sari dan Gedung C Komplek Perkantoran Walikota Banda Aceh itu antara lain, pameran seni, Panggung Hiburan Rakyat (PHR), workshop seni, panggung apresiasi seni, bincang seni, layar tancap  Taman Sari, dan aneka kegiatan lainnya.

Pada Piasan Seni Kota Banda Aceh 2013, masyarakat akan disuguhkan penampilan-penampilan seni budaya masyarakat Aceh yang saat ini jarang ditemui di tempat lain, seperti hikayat, seumapa, hiem, ca’e dan berbagai kesenian Aceh lainnya yang boleh dibilang sekarang hampir dilupakan.

“Nah, di Piasan Seni Kota Banda Aceh, para seniman akan menampilkan itu. Ini moment langka pastinya,” kata Reza.

Dia menyakini, Piasan Seni Kota Banda Aceh kali ini akan dikunjungi oleh ribuan pengunjung. Selain di Aceh, pihaknya mengakui bahwa jauh-jauh hari informasi tentang kegiatan itu sudah disebarluaskan hingga ke tingkat nasional bahkan internasional.

Bagi masyarakat di luar Aceh, informasi itu misalnya bisa diakses di website
www.piasaseni.com. “Jadi besar kemungkinan acara ini akan dikunjungi oleh wisatawan nasional dan internasional,” tutup Reza.

Sementara itu, Public Relations Piasan Seni Banda Aceh 2013, Suryadi KTB, mengatakan, 45 stand pameran seni yang sudah rampung semuanya akan diisi oleh para pelaku seni di Aceh pada tangal 20 Agustus 2013.

”Semua para pelaku seni baik komunitas maupun perorangan sudah memastikan untuk ikut di pameran seni,” katanya.

Hal yang sama juga rampung pada Panggung Hiburan Rakyat (PHR), Semua talent yang terdiri dari seniman, musisi dan komunitas seni di Aceh juga sudah siap untuk memeriahkan dan menghibur masyarakat yang hadir di Piasan Seni Banda Aceh 2013.

”Ada dua panggung yang disediakan diantaranya panggung Utama dan Panggung Apresiasi seni,” paparnya. (REd/DD)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :