Topik Terhangat

Bawaslu Aceh Tangani 2 Pelanggaran Kode Etik

Bawaslu Aceh Tangani 2 Pelanggaran Kode Etik

Bawaslu Aceh Tangani 2 Pelanggaran Kode Etik


BANDA ACEH | DiliputNews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Aceh menangani dua dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilihan Umum 2014.

“Ada dua dugaan pelanggaran kode etik penyelenggaraan pemilu yang sedangkan kami tangani,” kata Zuraida Alwi, pimpinan Bawaslu Aceh, di Banda Aceh, Selasa 20 Agustus 2013.

Namun, Zuraida Alwi menyatakan bahwa dirinya tidak bisa menyebutkan dua dugaan pelanggaran kode etik dan siapa yang menjadi terlapor karena penanganannya masih dalam proses.

“Kami belum bisa menyebutkan dan memublikasikan siapa dan apa dugaan pelanggaran kode etiknya karena masih dalam proses. Etikanya seperti itu,” ungkap Zuraida Alwi.

Selain menangani dua pelanggaran tersebut, kata dia, Bawaslu Provinsi Aceh juga sudah menyelesaikan empat temuan pelanggaran yang melibatkan penyelenggara pemilu.

Dari empat pelanggaran tersebut, kata Zuraida Alwi, dua kasus yang ditangani, yakni pencoretan daftar calon sementara (DCS) anggota legislatif di Kabupaten Nagan Raya dan Kabupaten Bener Meriah dan dua lagi pelanggaran kode etik dengan terlapor komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh dan KIP Nagan Raya.

“Pelanggaran kode etik melibatkan KIP Aceh dan KIP Nagan Raya sudah diserahkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPK) di Jakarta, sedangkan pelanggaran pencoretan sudah dibatalkan setelah Bawaslu Provinsi Aceh menanganinya,” kata dia.

Selain pelanggaran, kata dia, Bawaslu Provinsi Aceh juga menangani 14 laporan. Dari 14 laporan tersebut, tujuh di antaranya tidak ditindaklanjuti, empat laporan ditindaklanjuti, dan tiga sedang dalam proses.

“Sengketa pemilu belum ada yang dilaporkan ke Bawaslu Provinsi Aceh. Kemungkinan sengketa pemilu ini mencuat setelah adanya penetapan daftar calon tetap oleh penyelenggara pemilu,” kata Zuraida Alwi.(Red/Ant)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :