Topik Terhangat

Piasan Seni Ajang Penting Pelestarian Seni dan Budaya

Piasan Seni Ajang Penting Pelestarian Seni dan Budaya

Piasan Seni Ajang Penting Pelestarian Seni dan Budaya

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Wakil Walikota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE memandang ajang Piasan Seni Banda Aceh sebagai sebuah ajang penting dalam rangka melestarikan seni dan budaya.

Hal ini disampaikan Illiza saat membuka event Piasan Seni Banda Aceh 2013, Rabu malam (21/8) di Taman Sari, Banda Aceh.

Menurutnya, ajang yang menampilkan berbagai jenis kesenian Aceh, mulai dari seni tutur, seni tari hingga seni rupa ini merupakan ajang untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa seni asli Aceh itu masih ada untuk kemudian harus dipertahankan dan dikembangkan sehingga mampu menjadi tuan dinegeri sendiri serta mampu bersaing dengan kesenian luar.

“Pemko akan mendukung penuh kegiatan ini dan akan kita selenggarakan setiap tahunnya” ujar Illiza.

Selain sebagai ajang pelestarian budaya, lanjut Illiza, event ini merupakan bentuk dukungan dan pembinaan dari Pemko Banda Aceh terhadap para pelaku seni sebagai wadah bagi mereka untuk mencurahkan kreativitas seni.

Illiza berharap, masyarakat dapat memanfaatkan ajang ini sebagai sebuah ajang mengenali dan mendalami kembali kesenian dan kebudayaan asli Aceh sehingga menumbuhkan kecintaan terhadap kesenian dan budaya sendiri.

“Datang dan nikmatilah piasan seni ini dengan tertib dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai syariat islam” pinta Illiza.

Sementara itu, ketua panitia Piasan Seni Banda Aceh 2013 Dody Haikal S Stp dalam laporannya mengatakan kegiatan yang diselenggarakan Disbudpar Kota Banda Aceh ini merupakan event tahunan yang InsyaAllah akan di gelar setiap tahunnya.

“Ini adalah gelaran yang ke dua, insyaAllah akan kita gelar setiap tahunnya” kata Dody

Katanya lagi, piasan seni ini dikemas dengan tema silaturrahmi yang akan mempertemukan para sesama seniman dari berbagai jenis seni dengan penikmat seni untuk kemudian saling berbagi informasi dalam rangka mengembangkan seni dan budaya dikota Banda Aceh.

Event ini akan berlangsung selama empat hari, yakni dari tanggal 21 s/d 24 Agustus dan menampilkan berbagai jenis kesenian Aceh yang diikuti oleh 51 peserta dari perwakilan sanggar seni dan sejumlah seniman si Banda Aceh.

Adapun lokasi-lokasi pementasannya, lanjut Dody, adalah di Taman Sari, Taman Budaya dan Aula Lantai II gedung C komplek Balaikota.

Tampak Sekdakota Banda Aceh Drs T Saifuddin TA M Si, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemko Banda Aceh Drs Ramli Rasyid M Si, Kadisbudpar Kota Drs Reza Fahlevi M Si dan beberapa Kepala SKPD jajaran Pemko Banda Aceh ikut hadir dan menikmati acara piasan seni ini bersama dengan ribuan masyarakat. (Red/Ril)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :