Topik Terhangat

Fakultas Adab IAIN Ar-Raniry Gelar Seminar Internasional

Fakultas Adab IAIN Ar-Raniry Gelar Seminar Internasional

Fakultas Adab IAIN Ar-Raniry Gelar Seminar Internasional

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Memperingati 30 tahun ulang tahun Fakultas Adab dan Humaniora dan 50 tahun IAIN Ar-Raniry, Fakultas tersebut telah menggelar seminar internasional dengan tema: Humanities and Beyond, Aceh, Society and Culture pada 26 Agustus 2013 yang lalu bertempat di Aula Pascasarjana Lt. 3, IAIN Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.

Panitia Pelaksana, Muhammad Thalal, Lc, M.Si, M.Ed mengungkapkan, Keynote speaker Prof. Dr.Martin van Bruinnessen dari National University of Singapore mempresentasikan makalahnya yang berjudul Aceh, Indonesia, and the World: The Dynamic of Local, National and Global Values.

Narasumber internasional lainnya yaitu Assoc Prof. Dr. Rachmi Diyah Larasati dari University of Minnesota, Amerika Serikat yang membahas tentang Seni Pertunjukan Aceh dalam Wacana Politik Ruang dan Resistensi Budaya, Prof. Dr. Jan van der Putten dari University of Hamburg, Jerman yang mempresentasikan makalahnya the Cosmopolitan Vernacular in Aceh’s Cultural History, dan Dr. Mohd Ruslan Mohd Nur dari University of Malaya, Malaysia, dengan makalahnya ”Migrasi Penduduk Aceh ke Tanah Melayu: Faktor dan Implikasinya.

Ada juga narasumber nasional Dr. Moch Nur Ichwan dari UIN Kalijaga dengan presentasinya mengenai ”Marwah Ureung Aceh: Outsider’s perspective on Acehnese Political Culture”, serta presentasi Dr. Aslam Nur mengenai Agama dan Elit Agama di Aceh. Kajian-kajian tersebut memperkaya diskusi mengenai Aceh dalam bingkai ilmu humaniora.

Ada sedikit yang berbeda dalam seminar kali ini adalah adanya panel para dosen muda (junior lecturer) dari Fakultas Adab yang mempresentasikan hasil-hasil penelitian terbaru mereka baik yang berasal dari disertasi mereka di luar negeri maupun penelitian independen yang mereka lakukan seperti penelitian mengenai dayah tradisional di Aceh, ritual khanduri bungong kayee, dan cagar budaya komplek Meuligo Banda Aceh.

Presentasi para dosen muda ini kemudia dikomentari oleh para pakar dalam hal ini Prof. Martin van Bruinessen, Dr. Nur Ichwan, dan Assoc. Prof. Rachmi Diyah Larasati. Seminar yang dibuka dan ditutup secara resmi oleh Dekan Fakultas Adab dan Humaniora IAIN Ar-Raniry Prof. Dr. Misri A. Muchsin tersebut diikuti oleh kurang lebih 200 orang peserta.(Red/Ril)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :