Topik Terhangat

PN Meulaboh Gelar Sidang Objek Lahan Rawa Tripa

PN Meulaboh Gelar Sidang Objek Lahan Rawa Tripa

PN Meulaboh Gelar Sidang Objek Lahan Rawa TripaOleh


MEULABOH | DiliputNews.com – Pengadilan Negeri (PN) Meulaboh, Rabu (28/8) menggelar sidang lanjutan gugatan perdata Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) ke lokasi tempat terbakarnya lahan rawa tripa.

Sidang ke lapangan atau pemeriksaan objek perkara tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Hakim Majelis Rahmawati dan hakim anggota Juadan Wijaya.

“Proses sidang ke lapangan ini dilakukan setelah pemeriksaan berkas, bukti dan pemeriksaan saksi-saksi di PN Meulaboh pada sidang sebelumnya,” kata Rahmawati.

Proses persidangan digelar sejak pukul 09.00 Wib itu Rahmawati, dan pihak tergugat serta penggugat mengunjungi lokasi yang berada di blok A4,A6,A2 dan blok E44.B serta E 44.A.

Menurut saksi fakta KLH Syarifuddin, sidang lanjutan ini untuk melihat secara langsung kerusakan kawasan lahan rawa tripa yang digarap oleh PT Kalista Alam di atas lahan seluas 1.605 hektare.

Saat  menunjukkan dimana titik lahan terbakar dan dimana lokasinya, Kata Syarifuddin secara fakta menunjukkan kepada hakim majelis ada sekitar 10 titik terbakar, yaitu lokasi yang berada di blok A4,A6,A2 dengan luas lahan ribuan hektar.

Sementara itu, di Blok E 44. B, kuasa hukum dari PT Kalista Alam Irianto sempat menolak pembuktian gambar yang diajukan dalam gugatan oleh Kementerian Lingkungan Hidup kepada hakim majelis.

Pantauan DiliputNews.com, Penolakan tersebut dilakukan setelah membandingkan bukti gambar dengan lokasi perkara saat ini. Irianto menilai antara gambar dengan lokasi tidak sesuai.

“Secara gambar ini tidak sesuai dengan lokasi saat ini,” ungkap Irianto.

Setalah melakukan sidang di blok E 44.A dan E 44.B, Ketua Majelis Hakim Rahmawati menunda sidang hingga besok, Kamis 29 Agustus 2013 dengan agenda pemeriksaan lokasi lahan. (Red/AF)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :