Topik Terhangat

Pendapatan Asli Aceh Harus Digenjot

Pendapatan Asli Aceh Harus Digenjot

Pendapatan Asli Aceh Harus Digenjot

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Ketua DPR Aceh Hasbi Abdullah menegaskan pendapatan asli Aceh harus ditingkatkan untuk menunjang pembiayaan pembangunan di Provinsi Aceh.

“Pendapatan asli Aceh ini haru ditingkatkan secara terus menerus. Namun, peningkatannya tanpa harus membebani masyarakat,” kata Hasbi Abdullah di Banda Aceh, Senin 2 September 2013.

Untuk mengoptimalkan pendapatan, kata dia, Pemerintah Aceh perlu mengeluarkan kebijakan. Kebijakan tersebut lebih terfokus pada upaya peningkatan pajak dan retribusi daerah.

Menurut dia, pendapatan asli Aceh merupakan elemen penting dalam mendukung pembangunan serta penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk meningkatkan pendapatan asli Aceh, ujar dia, pimpinan dewan sudah menugaskan Badan Legislasi DPR Aceh untuk menyelesaikan tiga rancangan qanun retribusi.

Adapun tiga rancangan qanun retribusi tersebut, kata dia, yakni rancangan qanun retribusi jasa usaha, rancangan qanun retribusi jasa umum, dan rancangan qanun retribusi perizinan tertentu.

“Kami harapkan ketiga rancangan qanun atau peraturan daerah ini segera diselesaikan dan disahkan. Semua ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan asli Aceh,” kata Hasbi Abdullah.

Selain pendapatan asli Aceh, kata dia, Pemerintah Aceh juga mendapat pemasukan dari dana perimbangan daerah, dana bagi hasil migas, dan dana otonomi khusus.

Penggunaan dana tersebut, sebut Hasbi Abdullah, harus diawasi ketat, sehingga tidak terjadi penyimpangan keuangan. Penggunaan seluruh dana tersebut harus benar-benar tepat sasaran dan memberi manfaat kepada masyarakat Aceh.

“DPR Aceh akan terus mengawasi pengelolaan dana perimbangan daerah, dana bagi hasil migas, dan dana otonomi khusus, mulai dari perencanaan hingga hasil yang dari penggunaannya,” tegas Hasbi Abdullah.(Red/Ant)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :