Topik Terhangat

Proses Belajar di Aceh Tengah Berangsur Normal

Proses Belajar di Aceh Tengah Berangsur Normal

Proses Belajar di Aceh Tengah Berangsur Normal


TAKENGON | DiliputNews.com – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Aceh Anas M Adam mengatakan proses belajar pascagempa di Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah, sudah berangsur normal.

“Kendati belajar mengajar dalam bangunan darurat, namun proses belajar mengajar di daerah bencana yang dikenal dengan gempa Gayo sudah berangsur normal,” kata Anas M Adam di Banda Aceh, Senin 2 September 2013.

Gempa berkekuatan 6,2 skala richter yang melanda Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah terjadi pada 2 Juli 2013. Gempa tersebut menyebabkan sekitar 40 orang meninggal dunia, ratusan luka-luka, serta ratusan gedung sekolah dan ribuan rumah penduduk rusak.

Ia mengatakan Dinas Pendidikan Provinsi Aceh mengirimkan tim setelah lebaran lalu memantau proses belajar mengajar di wilayah bencana Gayo, Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah.

Dari pantauan itu, lanjut dia, semuanya bisa dikatakan sudah berlangsung normal kembali. Namun, begitu tidak semua berjalan sesuai harapan karena masih ada anak didik yang trauma.

“Harus diakui trauma gempa ini belum sepenuhnya pulih. Tim konseling yang dikirim juga sedang bekerja. Mudah-mudahan trauma ini bisa pulih kembali dan anak-anak bisa melanjutkan pendidikannya dengan baik,” kata Anas M Adam.

Menyangkut ruang belajar, Anas M Adam menyebutkan, Pemerintah Aceh membangun ruang kelas darurat pascagempa agar proses belajar mengajar kembali berlangsung. Sedangkan rekonstruksi gedung sekolah akan dilakukan pada tahun anggaran 2014 dan 2015.

“Tidak ada sekolah tenda. Pemerintah Aceh membangun bangunan darurat menggantikan sekolah rusak akibat gempa. Sekolah rusak dan butuh direkonstruksi jumlahnya mencapai ratusan,” ungkap Anas M Adam.(Red/Ant)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :