Topik Terhangat

Wow.!! Pemerintah Siapkan Ribuan Lowongan CPNS

Pemerintah Siapkan Ribuan Lowongan CPNS

Pemerintah Siapkan Ribuan Lowongan CPNS


JAKARTA | DiliputNews.com – Pemerintah akan menyediakan 65 ribu formasi CPNS di kementerian/lembaga dan pemerintah daerah pada 2013. “Kalau tahun lalu 13 ribuan, tahun ini 65 ribu untuk pelamar umum,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar. Sementara untuk tenaga honorer kategori dua, akan disediakan sebanyak 200 ribu formasi.

Menurut dia pelaksanaan seleksi CPNS merupakan salah satu langkah penting dalam upaya mereformasi birokrasi pemerintahan, di samping promosi jabatan yang adil dan upaya perbaikan teknologi informasi.

Dia menjelaskan dalam pengadaan soal tes CPNS, pihaknya akan bekerja sama dengan sepuluh kampus melalui Kementerian Pendidikan Nasional.

“Mereka akan menyiapkan pemindaian, yang bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Serpong untuk pemeriksaan,” katanya.

Pihaknya memprediksi akan ada 30 ribu bank soal dengan empat tipe soal yang akan dienkripsi oleh Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) yang saat ini pengadaannya tengah ditenderkan.

Menurut dia, ada dua jenis sistem yang digunakan dalam tes CPNS yakni sistem Computer Assisted Test (CAT) dan Lembar Jawaban Komputer (LJK). Di beberapa kementerian, penggunaan sistem CAT sudah diterapkan, sementara untuk kabupaten dan kota umumnya masih menggunakan sistem LJK.

Dia menjelaskan dalam seleksi CPNS 2013, ada beberapa jenis tes yang akan diujikan yakni tes kemampuan dasar (TKD), tes kepribadian, tes potensi akademik (TPA) dan tes wawasan kebangsaan.

Menurut Azwar, tingkat kesulitan soal CPNS berada satu tingkat di bawah kualitas soal tes masuk perguruan tinggi (SNMPTN). “Mudah, cocok untuk putra putri Indonesia, asalkan rajin,” katanya. (Red/Rol)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :