Topik Terhangat

Mahasiswa Malaysia Gelar Pengobatan Gratis Di Meulaboh

Mahasiswa Malaysia Gelar Pengobatan Gratis Di Meulaboh

Mahasiswa Malaysia Gelar Pengobatan Gratis Di Meulaboh

MEULABOH | DiliputNews.com – Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Sain Kesehatan University Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Trengganu, Malaysia bekerjasama dengan Puskesmas Meureubo dan RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh, menggelar pengobatan gratis di Puskesmas Meureubo, Aceh Barat, Selasa (3/9).

Guru Besar Sain Kesehatan University Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Prof. Madya Dr Azmi Hassan kepada DiliputNews.com mengatakan kegiatan tersebut sangat memberikan manfaaat terutama kepada mahasiswa-mahasiswa, yang dapat menimba ilmu tentang tatacara kerja dokter di Aceh dan dapat melihat langsung suasana masyarakat disini.

“Nanti setelah kembali ke Malaysia dan sudah menjadi seorang dokter bisa mempraktekkan ilmu-ilmu, pengetahuan-pengetahuan dan pengalaman-pengalaman yang mereka dapat Aceh Barat,” katanya.

Mahasiswa yang membidangi kesehatan tersebut sebanyak 20 orang, dan kegiatan ini katanya juga akan dilaksanakan di daerah-daerah lain.

Ia menjelaskan pengobatan gratis tersebut merupakan suatu bentuk kerjasama, terutama di daerah yang pernah dilanda bencana Gempa dan Tsunami, dengan demikian mereka dapat belajar dari pengalaman-pengalaman tentang pertolongan tanggap darurat bencana.

Sementara itu Bupati Aceh Barat, H T Alaidinsyah (H Tito) mengatakan kegiatan tersebut untuk menyambung silaturahmi yang selama ini sudah dibangun dan juga bentuk kerjasama dengan pihak UniSZA.

“Setau saya, pengobatan gratis dipusatkan di Puskemas Meureubo, sedangkan dengan rumah sakit umum Cut Nyak Dhien hanya sharing informasi saja,”kata H Tito.

Bupati H Tito mengharapkan, silaturrahmi dengan UniSZA tetap terbangun dan adanya transfer teknologi serta pelaku-pelaku medis di Aceh Barat bisa belajar ilmu dari mereka.

“Di UTU ada Fakultas Kesehatan Masyarakat, saya kira ini ada kaitannya, kita harapkan ada sinergilah dengan pihak UniSZA,” pinta Haji Tito. (Red/Za/Af)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :