Topik Terhangat

Anggota DPR Aceh Pertanyakan Pengukuhan Wali Nanggroe

Malek Mahmud

Malek Mahmud


BANDA ACEH | DiliputNews.com – Anggota DPR Aceh Syafie Hamzah mempertanyakan kesiapan pengukuhan Malek Mahmud sebagai Wali Nanggroe Aceh yang direncanakan 20 September 2013.

“Kami ingin mempertanyakan kepada Gubernur Aceh sejauh mana persiapan pengukuhan Wali Nanggroe tersebut,” kata Syafie Hamzah di Banda Aceh, Selasa 5 September 2013.

Sebelumnya DPR Aceh mengagendakan sidang paripurna istimewa terkait pengukuhan Malek Mahmud sebagai Wali Nanggroe.

Pengukuhan tersebut direncanakan bersamaan dengan pembukaan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-6. Acara tersebut rencananya dibuka Presiden.

Selain kesiapan pengukuhan, Syafie Hamzah juga mempertanyakan kesiapan “meuligo” atau kantor sekaligus rumah dinas wali nanggore. Meuligo Wali Nanggroe ini sudah dibangun di kawasan Lampeuneurut, Kabupaten Aceh Besar.

“Meuligo ini harus jelas. Jangan setelah pelantikan, Wali Nanggroe menempati bangunan yang disewa,” kata anggota DPR Aceh dari Fraksi Partai Aceh tersebut.

Ia mengatakan, meuligo Wali Nanggroe yang dibangun di kawasan Lampeuneurut, Kabupaten Aceh Besar, belum tampak tanda-tanda kapan diresmikan dan dioperasikan.

Begitu juga dengan kepala sekretariatnya, lanjut dia, hingga kini belum jelas. Padahal, sekretariat ini penting untuk sebuah kelembagaan, terutama untuk mengatur agenda kerja Wali Nanggroe.

“Semuanya harus jelas, baik kantor maupun staf sekretariat serta fasilitas penunjang lainnya. Kalau ini tidak jelas, ke mana Wali Nanggroe berkantor setelah pelantikan,” ujar Syafie Hamzah.(Red/Ant)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :