Topik Terhangat

Kondisi Pelistrikan di Aceh Masih Defisit

PT PLN Wilayah Aceh / Ilustrasi

PT PLN Wilayah Aceh / Ilustrasi

BANDA ACEH | DiliputNews.com – General Manager PT PLN Wilayah Aceh Sulaiman Daud menyatakan kondisi kelistrikan di provinsi tersebut masih defisit sehingga perlu penambahan pembangkit listrik.

“Ketersedian daya saat ini masih sangat terbatas dan hampir tidak ada cadangan jika salah satu pembangkit terjadi kerusakan,” katanya di sela bimbingan peningkatan pemahaman masyarakat dalam pemakaian dan pemanfaatan tenaga listrik Banda Aceh, Selasa 10 September 2013.

Dikatakannya, kebutuhan listrik di seluruh Provinsi Aceh saat ini hampir sama dengan daya kelistrikan yang ada saat ini yakni 351 mega watt.

Ia mengatakan tiga ratusan mega watt listrik di Aceh tersebut terdiri atas 252 interkoneksi dan 99 MW disuplai dari sistem “isolated”.

Menurut dia, seharusnya listrik di Aceh khususnya dan daerah lainnya umumnya tidak boleh defisit dan harus memiliki cadangan untuk menggantikan daya jika ada pembangkit yang rusak dan dilakukan perbaikan.

“Kami terus berupaya agar suplai arus listrik dapat normal meski daya yang ada terbatas,” katanya.

Menurut dia, kekurangan daya tersebut akan teratasi seiring akan beroperasi dan dibangunnya sejumlah pembangkit di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Aceh di masa mendatang.

Pihaknya terus berupaya membangun pembangkit dan memanfaatkan potensi energi primer Aceh dalam rangka memenuhi ketersediaan listrik di provinsi ujung paling barat Indonesia itu di masa mendatang.

“Kami optimistis dengan pemanfaatan berbagai sumber energi yang ada di Ace akan mampu mengatasi defisit listrik yang terjadi selama ini,” kata Sulaiman.(Red/Ant)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :