Topik Terhangat

Bawaslu Aceh Usulkan Coret Tiga Caleg Bener Meriah

Bawaslu Aceh Tangani 2 Pelanggaran Kode Etik

Bawaslu Aceh / Ilustrasi


BANDA ACEH | DiliputNews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merekomendasikan kepada Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh untuk mencoret tiga calon legislatif DPRK Bener Meriah dari daftar calon tetap (DCT) karena ada pelanggaran administrasi.

“Surat rekomendasi pencoretan tersebut sudah kami sampaikan ke KIP Aceh pada 10 September 2013. Kami mengimbau KIP menindaklanjuti rekomendasi tersebut,” kata Ketua Bawaslu Aceh Asqalani di Banda Aceh, Rabu 11 September 2013.

Adapun ketiga caleg yang direkomendasi dicoret dari DCT DPRK Bener Meriah adalah Sucipto dari Partai PKPI, Yusa dari Partai Nasdem, dan Ahmadi caleg dari Partai Golkar.

Asqalani menegaskan, mereka sebelumnya merupakan komisioner KIP Bener Meriah periode 2008-2013. Saat mendaftar, mereka tidak menyertakan surat keputusan pemberhentian sebagai penyelenggara pemilu.

“Berdasarkan surat edaran KPU, saat mendaftar sebagai caleg, ketiganya wajib melampirkan SK pemberhentian sebagai penyelenggara sebelum pendaftaran dimulai atau sebelum 9 April 2013,” kata dia.

Asqalani menyebutkan, caleg atas nama Sucipto dan Yusa mendaftar pada 22 April atau di hari terakhir pendaftaran. Sedangkan caleg atas nama Ahmadi mendaftar saat pendaftaran tambahan atau penyesuaian kuota 120 persen pada bulan Juli lalu.

Ia menyebutkan, rekomendasi tersebut disampaikan kepada KIP Aceh karena penyelenggara pemilu tingkat provinsi itu mengambil alih tugas KIP Bener Meriah, sebab hingga kini komisioner KIP Bener Meriah belum ada.

“Kalau rekomendasi Bawaslu Aceh ini tidak ditindaklanjuti, kami akan menyampaikannya ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu atau DKPP di Jakarta,” demikian Asqalani.(Red/Ant)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :