Topik Terhangat

Investor Canada Tumbuhkan Perkebunan Kelapa Aceh Barat

Investor Canada Tumbuhkan Perkebunan Kelapa Aceh Barat

Investor Canada Tumbuhkan Perkebunan Kelapa Aceh Barat

MEULABOH | DiliputNews.com – Investor asal Negara Canada tertarik untuk melakukan investasi dibidang perkebunan khususnya pengolahan Minyak Kelapa dan Kelapa Sawit di Kabupaten Aceh Barat.

“Kita sangat tertarik melakukan investasi di Kabupaten Aceh Barat, saat ini kita sedang melakukan penjajakan dan melihat potensi di daerah ini,” kata Direktur Pemilik Perusahaan tambang EAST Asia, Edward Charles Rochette, saat bertemu dengan Bupati Aceh Barat, H T Alaidinsyah, Sabtu (14/9).

Edward Charles Rochette menjelaskan perusahaan yang akan bergerak dibidang perkebunan ini, terutama pengolahan minyak kelapa dan minyak sawit nantinya bernama PT. Taman Macan Mas yang khusus bergerak di bidang perkebunan.

Khusus untuk investasi di bidang pengolahan minyak kelapa sawit di Aceh Barat yang akan dikelola oleh PT. Taman Macan Emas nantinya, Ia belum bisa menyebutkan angka pasti berapa besarannya.

“Yang jelas kita coba dulu dengan anggaran kecil, nanti kalau memang bisa berjalan maka akan kita tingkatkan nilai investasinya menjadi besar,” katanya.

Menyangkut dengan realisasi pelaksanaan investasi tersebut, katanya belum bisa dipastikan kapan akan dilaksanakan , sebab masih melihat potensi jumlah produk minyak kelapa dan minyak sawit, untuk dijadikan bahan baku Bio Diesel.

Sementara itu Bupati Aceh Bara, H T Alaidinsyah menyambut baik rencana investasi bidang perkebunan untuk pengolahan minyak kelapa maupun minyak sawit di Kabupaten tersebut.

Menurutnya, Perusahaan tersebut serius berinvestasi di Aceh Barat, apalagi perusahaan East Asia katanya merupakan perusahaan tambang terbesar, bahkan Alaidinsyah sendiri sudah sangat mengenal jauh dengan pemilik perusahaan tersebut.

Ia menambahkan, jika nantinya perusahaan tersebut sudah berkomitmen berinvestasi di Aceh Barat, pihak pemkab akan meminta komitmen perusahaan tersebut secara mengikat dalam berinvestasi di Aceh Barat.

Jika perusahaan itu nantinya sudah berkomitmen berinvestasi di Aceh Barat, maka sebut Alaidinsyah pihak Pemkab akan meminta komitmen mereka yang diluangkan secara tertulis dalam perjanjian kerja sama.

Pentingnya komitmen secara tertulis itu menurutnya, untuk mencegah adanya janji-janji mulut seperti masa lalu, agar tidak terulang lagi. “Kejadian-kejadian sebelumnya, dimana, banyak perusahaan luar seperti malaysia yang berniat berinvestasi di Aceh Barat, saat melakukan penjajakan tapi nyatanya hingga saat ini,perusahaan-perusahaan itu tidak lagi muncul” ungkapnya. (Red/AF)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :