Topik Terhangat

Wamen Nilai Pantai Barat Aceh Layak Jadi Wilayah Perdagangan

Wamen Perhubungan RI, Bambang Susantono

Wamen Perhubungan RI, Bambang Susantono

MEULABOH | DiliputNews.com –  Wakil Menteri (Wamen) Perhubungan RI, Bambang Susantono menilai kawasan Pantai Barat Aceh layak menjadi kawasan perdagangan, sebab kawasan itu dari isnfrastruktur sudah memadai.

“Pantai Barat Aceh layak menjadi kawasan perdagangan, dari isnfrastruktur sudah memadai kondisi jalannya, ini berbeda dengan daerah timur,” kata Bambang Susantono, saat melakukan kunjungan ke Aceh Barat, Sabtu (21/9).

Katanya, saat ini pembangunan sejumlah pelabuhan terus dilakukan untuk kegiatan ekspor impor, pihaknya mengaku belum bisa mengambil kesimpulan layak atau tidak. Menetapkan pelabuhan Ekspor impor, sebagai jalur perdagangan  kawasan laut di pantai Barat Selatan Aceh, pihaknya akan melakukan survey lebih mendalam.

Sementara itu, Direktur Lalulintas Angkutan dan Angkutan Sungai Danau dan Perairan (LLA dan ASDP), Sudirman Lambali mengatakan Anggaran pembangunan Pelabuhan penyebrangan Angkutan Umum Aceh Barat- Simeulu menghabiskan anggaran sebesar 70 Miliar.

Pelabuhan penyebrangan tersebut dibangun sejak tahun 2010 akhir lalu, dengan plot anggaran senilai 7 Miliar rata-rata pertahunnya melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara atau APBN.

“Pada tahun 2014 mendatang rencananya  melalui APBN kementrian perhubungan rencananya akan memplaot anggaran senilai 17 Miliar, ” ungkapnya.

Total anggaran yang sudah dianggarkan hingga tahun 2013 akhir ini melalui APBN, kata dia, pemerintah pusat sudah memplotkan anggaran sebesar 35 Miliar lebih dengan realisi pembangunan sisi laut melalui plot anggaran, APBN tersebut sudah mencapai 40 persen.

Ia menambahkan, nantinya pihak kementrian akan memberikan satu unit Bus Damri untuk mengangkut penumpang yang turun diterminal tersebut.

Pantauan DiliputNews.com, Wakil Menteri (Wamen) Perhubungan RI, Bambang Susantono juga meninjau terminal angkutan umum yang ada di Meulaboh, dan meminta dapat digunakan secara fungsional tahun 2013 akhir ini, dan anggaran pembangunan terminal umum tersebut senilai Rp25 miliar. (Red/Af)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :