Topik Terhangat

Debus Cilik, Bukti Aceh Barat Lestarikan Seni Budaya Daerah

Debus Cilik, Bukti Aceh Barat Lestarikan Seni Budaya Daerah

Debus Cilik, Bukti Aceh Barat Lestarikan Seni Budaya Daerah

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Pada perhelatan Pekan Kebudayaan Aceh IV di Banda Aceh, kontingen Aceh Barat menampilkan kesenian Debus yang merupakan salah satu kesenian tradisional.

Berbeda dengan penampilan kesenian debus dari daerah lain di Indonesia yang biasanya dilakoni oleh orang dewasa, tim debus Aceh Barat pada kesempatan ini menampilkan seorang anak kecil sebagai aktor utamanya.

Ketua Majelis Adat Aceh Kabupaten Aceh Barat, Umar Ali Mukti menjelaskan, dengan penampilan anak yang masih dibawah umur ini, menunjukkan bahwa Kabupaten ini sangat serius untuk melestarikan seni dan budaya daerah.

“Orang dewasa saja tidak semua yang berani memainkan kesenian debus ini karena sangat berbahaya.” kata Umar Ali Mukti kepada DiliputNews.com, Sabtu (22/09).

Umar Ali Mukti berharap melalui kegiatan ini budaya dan kesenian asli daerah akan dapat terus terpelihara, tidak saja di Kabupaten Aceh Barat tetapi juga budaya dan kesenian asli daerah lain di seluruh Indonesia sehingga hal itu tidak akan hilang dari muka bumi.

“Agar kesenian kita tetap terjaga dan tidak begitu saja mudah dilupakan,”ujarnya. (Red/Fd).


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :