Topik Terhangat

Pekan Kebudayaan Aceh Semraut

Pekan Kebudayaan Aceh Semraut

Pekan Kebudayaan Aceh Semraut

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Para pengunjung Pekan Kebudayaan Aceh (PKA 6) mengeluhkan semrautnya pedagang kaki lima yang menggelar barang dagangannya di ruas jalan menuju komplek Taman Ratu Safiatuddin Kota Banda Aceh.

“Seharusnya pihak penyelenggara tidak memberikan ruang pedagang menggelar barang dagangan di ruas jalan menuju Taman Ratu Safiatuddin, tempat kegiatan PKA,” kata seorang pengunjung Haris di Banda Aceh, Senin 23 September 2013.

PKA 6 yang secara resmi dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Jumat (20/9) diikuti perwakilan dari 23 kota dan kabupaten di provinsi berpenduduk sekitar 5 juta jiwa tersebut.

Pergelaran adat dan budaya Aceh empat tahunan tersebut berlangsung selama sembilan hari yakni 20-29 September 2013.

Haris menjelaskan, para pengunjung 23 anjungan dari kota dan kabupaten seharusnya tidak dihadang oleh pemandangan pedagang kaki lima menjelang masuk ke komplek Taman Ratu Safiatuddin.

“Dengan cuaca panas ditambah lagi ruas jalan yang sempit karena dipadati pedagang sehingga membuat kita tidak nyaman berkunjung ke Taman Ratu Safiatuddin,” katanya mengatakan.

Seharusnya panitia menyediakan tempat khusus pedagang bukan di ruas jalan pintu masuk ke Taman Ratu Safiatuddin yang merupakan lokasi pergelaran kegiatan seni dan budaya, kata dia menambahkan.

Selain itu, ruas-ruas jalan utama seperti Jalan Teuku Nyak Arief juga menjadi semrawut karena dijadikan sebagai lokasi parkir mobil dan sepeda motor.

“Itu jalan utama yang seharusnya tidak dijadikan lokasi parkir. Sudah jalannya sempit, ditambah lagi parkir kendaraan,” kata Hasan, pengunjung lainnya.

Oleh karena itu, ia berharap Pemerintah Aceh sebelum menggelar PKA 7 dimasa mendatang harus benar-benar mempersiapkan lokasi pedagang dan parkir yang tidak menganggu kegiatan utama yakni pesta budaya dan adat di Taman Ratu Safiatuddin.(Red/Ant)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :