Topik Terhangat

Sekda Minta PNS Pemko Tingkatkan Kedisiplinan

PNS Aceh / Ilustrasi

PNS Aceh / Ilustrasi

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Meski tingkat disiplin PNS di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh sudah sangat memuaskan, namun Sekda kota Banda Aceh Drs T Saifuddin TA M Si mengharapkan agar PNS di lingkungan Pemko Banda Aceh terus meningkatkan kedisiplinan.

Sekda tak menutupi bahwa masih ada PNS Kota yang masih ogah-ogahan masuk kantor meski jumlahnya sangat kecil.

Hal ini diungkapkan Drs T Saifuddin TA M Si disela-sela pembukaan Diklat Prajabatan Golongan I dan II Formasi honorer Kategori I Pemerintah Kota Banda Aceh, Senin (23/9) di Grand Aceh Hotel II, Banda Aceh.

“Kita akui PNS yang ogah masuk kantor itu masih ada, tapi jumlahnya sangat kecil. Saya minta kepada Kepala SKPD agar memberi laporan supaya bisa kita proses pemberhentiannya sesuai dengan PP 53, 46 hari akumulatif tidak hadir tanpa alasan dalam setahun dapat diberhentikan,” kata Saifuddin.

Terkait dengan diklat prajabatan yang dibukanya, Sekda mengatakan diklat tersebut bukanlah sebuah diklat yang hanya dilihat dari aspek formalitas saja, dimana seorang CPNS harus ikut prajab, tapi lebih dari itu, diklat ini memang tempat untuk membekali CPNS tentang tanggung jawab dan profesionalitas.

Menurutnya, pada diklat ini nanti akan terlihat siapa dari calon aparatur negara ini yang memiliki tanggung jawab dan profesional.

“Kalau disini saja mereka tidak disiplin, bagai nanti kalau sudah PNS. Dan kalau mereka tidak mampu mengikuti aturan-aturan dalam diklat prajab ini silakan keluar dan mundur” pinta Sekda.

Sementara itu, Kabid Diklat BKPP Kota Banda Aceh, Nurhasanah SE M Si dalam laporannya mengatakan diklat prajabatan golongan I dan II tahun 2013 ini diikuti oleh 59 CPNS yang terdiri dari 19 orang golongan I dan 40 orang golongan II. 11 diantaranya adalah perempuan dan 48 laki-laki.

Ke 59 CPNS ini akan ditempa selama 19 hari, yakni dari tanggal 23 september sampai dengan tanggal 11 Oktober dengan jumlah 174 jam penyajian berbagai materi.

Sebenarnya, lanjut Nurhasanah, tenaga honorer katagori I berjumlah 106 orang, 23 orang diantaranya dialihkan ke tenaga honorer katagori II.

“Jadi honorer katagori II berjumlah 268 orang yang akan mengikuti seleksi CPNS pada tanggal 3 november nanti” ujar Nurhasnah.

Adapun tujuan dari diklat ini, lanjutnya adalah untuk membentuk wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS. Tujuan lainnya, memberikan pembekalan pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan negara, bidang tugas dan budaya organisasi, agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.

Turut hadi pada acara ini Kepala BKPP Kota Natsir Ilyas M Hum, Kadis PU Kota Ir Gusmeri, Kabag Humas Drs Marwan dan sejumlah Kepala SKPD lainnya. (Red)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :