Topik Terhangat

Pemerintah Aceh Diminta Tingkatkan Daya Serap Anggaran

Pemerintah Aceh Usulkan Anggaran 2014 Sebesar Rp12,4 Triliun

Tingkatkan Daya Serap Anggaran


BANDA ACEH | DiliputNews.com – Pemerintah Aceh diminta meningkatkan daya serap anggaran, sehingga Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) Tahun 2013 yang nilainya Rp11,78 triliun bisa mencapai angka maksimal.

“Kami di legislatif meminta dan terus mendorong eksekutif untuk meningkatkan daya serap anggaran,” kata Wakil Ketua DPR Aceh Mohd Tanwier Mahdi di Banda Aceh, Rabu 25 September 2013.

Menurut politisi Partai Demokrat tersebut, daya serap APBA 2013 hingga September 2013 masih rendah, sehingga menyebabkan pembangunan tidak berjalan maksimal.

“Informasi yang kami dengar daya serap anggaran baru mencapai 40 persen. Dengan waktu tersisa pelaksanaan tahun tiga bulan lagi diharapkan daya serap anggaran bisa mencapai persentase maksimal,” kata dia.

Menyangkut dengan pembahasan Rancangan APBA Perubahan 2013, ia mengatakan saat ini masih dibahas di tingkat komisi yang rencana pembahasan di komisi tuntas 26 September 2013.

“Setelah itu, dokumen Rancangan APBA Perubahan ini akan diserahkan ke eksekutif untuk disinkronkan, kemudian legislatif mengesahkannya dalam sidang paripurna yang dijadwalkan 30 September mendatang,” kata Mohd Tanwier Mahdi.

Ia mengatakan Rancangan APBA Perubahan yang diajukan eksekutif mencapai Rp12,373 triliun, dan diharapkan anggaran perubahan ini disahkan sebelum Oktober 2013, karena pelaksanaan tahun anggaran berjalan tinggal tiba bulan lagi.

Selain itu, Mohd Tanwier Mahdi juga mengharapkan dengan disahkannya anggaran perubahan dapat memacu kinerja eksekutif, sehingga daya serap anggaran ikut meningkat.

“Dalam anggaran murni, banyak mata anggaran belum diverifikasi, sehingga belum bisa digunakan. Dengan adanya anggaran perubahan ini yang tadi belum bisa digunakan, sudah bisa digunakan, sehingga hal ini tentu berimbas kepada daya serap anggaran,” kata Mohd Tanwier Mahdi.(Red/Ant)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :