Topik Terhangat

DPR Aceh Belum Agendakan Pengukuhan Wali Nanggore

DPR Aceh Belum Agendakan Pengukuhan Wali Nanggore

DPR Aceh Belum Agendakan Pengukuhan Wali Nanggore

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) hingga kini belum mengagendakan sidang paripurna istimewa pengukuhan Malik Mahmud sebagai wali nanggroe.

“Hingga kini belum ada jadwal pengukuhan wali nanggroe. Jadwal ini akan dibahas nanti oleh badan musyawarah dewan,” kata Abdullah Saleh, anggota DPRA, di Banda Aceh, Jumat 27 September 2013.

Sebelumnya, DPRA menetapkan pengukuhan Malik Mahmud sebagai wali nanggroe pada 20 September 2013. Namun, karena dianggap mendesak, DPRA membatalkan pengukuhan tersebut.

Menurut Abdullah Saleh, Badan Musyawarah DPRA akan duduk kembali membahas pengukuhan tersebut, termasuk mekanisme dan tempat seremonialnya berlangsung.

Dalam rapat Badan Musyawarah beberapa waktu lalu, kata dia, muncul beberapa opsi tanggal pengukuhan. Seperti tanggal 4 atau 5 Desember 2013. Namun opsi tersebut akan dikonkretkan kembali pada rapat Badan Musyawarah berikutnya.

Menyangkut dengan pengukuhan ini, kata politisi Partai Aceh itu, Gubernur Aceh sudah menyurati DPR Aceh terkait dengan pembentukan panitia bersama.

“Masalah panitia bersama ini juga akan dibicarakan dalam rapat Badan Musyawarah,” kata Abdullah Saleh, yang juga anggota DPRA dari Fraksi Partai Aceh.

Mengenai sekretariat lembaga wali nanggroe, Abdullah Saleh mengatakan lembaga wali nanggroe akan menjadi Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA). Sekretariat akan dipimpin seorang sekretaris.

Sekretariat lembaga wali nanggroe, kata dia, sudah mendapat persetujuan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi.

“Pembentukan sekretariat tinggal menunggu keputusan menteri. Jabatan kepala sekretariat adalah eselon dua, setara dengan kepala dinas di lingkungan Pemerintah Aceh,” kata Abdullah Saleh.(ant)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :