Topik Terhangat

Pemkot Banda Aceh Segera Fungsikan Sejumlah Pasar

Pemkot Banda Aceh Segera Fungsikan Sejumlah Pasar

Pemkot Banda Aceh Segera Fungsikan Sejumlah Pasar


BANDA ACEH | DiliputNews.com – Pemerintah Kota Banda Aceh segera memfungsikan sejumlah pasar yang selama ini bangunannya sudah selesai tetapi belum beroperasi.

“Ada beberapa bangun pasar yang sudah selesai, tetapi belum dimanfaatkan oleh pedagang. Pasar-pasar tersebut segera difungsikan,” kata Wali Kota Banda Aceh Mawardy Nurdin di Banda Aceh, Jumat 27 September 2013.

Seperti, kata dia, Pasar Ulee Kareng. Bangunan pasarnya hingga kini belum dimanfaatkan. Banyak kios pedagang dibiarkan kosong. Pedagang lebih memilih berjualan di luar bangunan pasar.

“Untuk Pasar Ulee Kareng, kami segera memanggil penanggung jawab operasional agar melakukan negosiasi dengan pedagang, sehingga mereka bersedia berjualan di pasar itu,” kata Mawardy Nurdin.

Begitu juga dengan pasar-pasar lainnya yang masih kosong, kata dia, pemerintah kota akan mengarahkan pedagang kaki lima seperti di Jalan Kartini untuk berjualan di bangunan pasar yang masih kosong tersebut.

Wali Kota mengatakan, ada beberapa pasar yang masih kosong seperti Pasar Kartini, Pasar Batoh, serta pasar bumbu dan unggas di Peunayong serta di beberapa tempat lainnya.

“Pemerintah kota telah membangun 946 unit kios yang tersebar di beberapa pasar. Namun, yang baru terisi 527 unit, sisanya 419 unit masih kosong. Yang kosong ini diperuntukkan bagi pedagang kaki lima,” kata dia.

Mengenai bangunan Pasar Atjeh II masih banyak yang belum ditempati, Wali Kota menegaskan pemerintah kota memberi tenggat waktu kepada pedagang hingga akhir September ini untuk segera memfungsikannya.

Jika tidak ditempati, kata dia, kios di Pasar Atjeh II yang telah disewa pedagang bersangkutan akan dialihkan kepada yang lain. Sebab, banyak pedagang yang tidak kebagian menyewa kios di tempat itu berkeinginan berjualan di Pasar Atjeh II.

“Ini semua kami lakukan untuk mengoptimal fungsi pasar yang ada di Kota Banda Aceh. Selain itu, juga untuk menertibkan pedagang kaki lima yang selama ini berjualan di tempat-tempat terlarang,” kata Mawardy Nurdin.(Red/Ant)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :