Topik Terhangat

Aceh Butuh Rekonsiliasi Internal Antisipasi Konflik

Mantan petinggi Gerakan Aceh Merdeka Husaini Hasan

Mantan petinggi Gerakan Aceh Merdeka Husaini Hasan

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Mantan petinggi Gerakan Aceh Merdeka Husaini Hasan menyatakan daerah tersebut membutuhkan rekonsiliasi internal antara tokoh-tokoh konflik sebagai antisipasi tidak terjadinya kembali konflik di daerah tersebut.

“Penyelesaian konflik internal Aceh yang telah berakar merupakan salah satu upaya mencegah perpecahan sesama Aceh,” katanya di Banda Aceh, Sabtu (28/9).

Menurut dia, jika tidak diselesaikan dengan sesama tokoh-tokoh konflik yang masih hidup dikhawatirkan akan berkelanjutan di generasi selanjutnya.

“Jika konflik internal tidak diselesaikan maka akan menghambat pembangunan dan upaya menyejahterakan masyarakat Aceh secara keseluruhan,” katanya.

Karena itu ia mengajak semua komponen di Aceh untuk duduk bersama untuk membangun Aceh secara keseluruhan.

“Aceh bukan milik sebuah kelompok dan partai. Tetapi Aceh milik masyarakat Aceh secara keseluruhan,” katanya.

Dalam kepulungannya pertama ke Aceh setelah 30 tahun menetap di luar negeri ia ingin memberikan berbagai pemikiran untuk membangun tanah kelahirannya tersebut.

“Hilangkan rasa curiga satu sama lain jika ingin Aceh maju. Semua kita bekerja untuk membangun Aceh yang lebih baik dan menjaga perdamaian yang telah terbina,” katanya.

Ia meyakini dengan adanya rokonsiliasi internal tersebut akan mampu memajukan pembangunan Aceh diberbagai sektor ekonomi dan infrastruktur.

Husaini menilai meski anggaran yang dialokasikan cukup besar namun perkembangan pembangunan di Aceh belum signifikan.

“Seharusnya dengan anggaran besar banyak bidang ekonomi dan infrastruktur yang dapat dibangun,” kata mantan menteri pendidikan Gam itu.

Ia juga mengatakan pemerintah daerah juga dapat menggalang investor untuk membangun berbagai infrastruktur ekonomi di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu. (Red/Ant)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :