Topik Terhangat

Investor Asing Bangun Pabrik Gula di Aceh Tengah

Investor Asing Bangun Pabrik Gula di Aceh Tengah

Investor Asing Bangun Pabrik Gula di Aceh Tengah

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Investor asing mulai membangun pabrik pengolahan tebu yang mampu memproduksi sebanyak 3.500 sampai 4.000 ton/hari gula pasir di Kabupaten Aceh Tengah.

“Pemkab Aceh Tengah menyambut baik dimulainya pembangunan pabrik yang akan memproduksi gula pasir untuk kebutuhan dalam negeri,” kata Kabag Humas Pemkab Aceh Tengah Mustafa Kamal di Takengon, Senin 30 September 2013.

Sementara itu, pejabat bidang kontruksi PT Kamaddhenu Ventures Indonesia Davarakonda Venkataratnam, menjelaskan tahap awal pihaknya akan memagari areal seluas 75 hektare yang merupakan lahan pabrik di Kecamatan Ketol, Aceh Tengah.

“Pemagaran dilakukan untuk mempermudah proses pembangunan pabrik,” katanya.

Secara bertahap selama sekitar 14 bulan pembangunan pabrik gula pasir pertama kali di Aceh itu, investor Vietnam asal India tersebut akan melanjutkan dengan membangun kantor, asrama, serta sarana penunjang lainnya hingga bangunan utama yang berisi mesin pengolah gula.

Davarakonda menjelaskan, perusahannya akan membutuhkan lahan untuk tanaman tebu yang telah disiapkan di Aceh Tengah seluas 12 ribu hektare.

Pemkab Aceh Tengah telah menjadikan tanaman tebu sebagai komoditas unggulan daerah kedua setelah kopi arabika. Kopi arabika yang dibudidaya masyarakat Aceh Tengah itu memiliki lahan seluas sekitar 40.000 hektare.

Untuk tanaman tebu, Aceh Tengah saat ini memiliki lahan seluas 7.939 hektare dengan luas panen mencapai 6.111 hektare, dan produksi sebanyak 48.888 ton/tahun, dan produktivitas 8.000 kilogram per Hektare.

Guna mendukung keberlangsungan pasokan tebu terhadap pabrik gula putih itu, Pemkab Aceh Tengah juga telah berupaya memfasilitasi warga untuk membuka lahan tebu di Kecamatan Ketol.

Melalui investasi PT. Kamadhenu diharapkan dapat membawa manfaat bagi masyarakat terutama petani tebu di Aceh Tengah.(Red/Ant)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :