Topik Terhangat

Kurangi Angka Kecelakaan, Polres Abdya Gelar Bimbingan PKS

Kurangi Angka Kecelakaan, Polres Abdya Gelar Bimbingan PKS

Kurangi Angka Kecelakaan, Polres Abdya Gelar Bimbingan PKS

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Guna mengurangi  angka kecelakaan lalu lintas serta memantapkan kembali kedisiplinan di kalangan anak sekolah, Jajaran Polres Aceh Barat Daya (Abdya) melalui Satuan Polisi Lalu lintas mengadakan pelatihan teknis Patroli Keamanan Sekolah (PKS) kepada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menegah Atas (SMA) Sederajat dalam kabupaten Abdya.

Kapolres Abdya, AKBP Eko Budi Susilo Sik melalui Kasatlantas Polres Abdya, AKP. M Saepudin kepada sejumlah wartawan, Senin (2/12) mengatakan, dalam melakukan bimbingan pembinaan PKS, pihaknya akan berkeliling dari satu sekolah ke sekolah yang lain, sehingga pengetahuan yang didapatkan dapat diterapkan di sekolah masing-masing.

“Selama ini pihak sekolah kita undang ke Mapolres untuk mengikuti bimbingan pembinaan PKS, namun kali ini,  kita yang akan memberikan pemahaman kepada siswa dengan mengunjungi langsung kesekolah tersebut,” kata Saepudin usai memberikan pemahaman tertib berlalu lintas kepada siswa di SMKN 1 Blangpidie.

Dikatakannya, dengan langsung memberikan bimbingan di sekolah, siswa akan lebih cepat dalam menyerap materi-materi yang diberikan oleh Polisi Lalulintas.
“Yang paling terpenting dalam bimbingan ini tidak menggangu sama sekali kegiatan proses belajar mengajar di sekolah itu,” ungkapnya.

Saepudin menyebutkan, bimbingan teknis PKS itu diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dikalangan siswa, sebab selama ini yang paling banyak mengalami kecelakaan dan pelanggaran berlalu lintas adalah anak-anak berusia sekolah.

“Dengan materi yang kita berikan, kita harapkan dapat meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas dan anggota PKS dapat memberikan pemahaman serta contoh yang baik dalam berlalu lintas nantinya,” harapnya.

Diwaktu yang sama, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Blangpidie, Zulfadli, ST saat dimintai tanggapannya  disela-sela bimbingan tersebut berlangsung mengatakan, dengan adanya kegiatan bimbingan itu, maka  sangat membantu pihaknya dalam menerapkan kedisiplinan dikalangan siswa.

“Kegiatan ini sangat bagus, sebab untuk membentuk siswa yang disiplin itu bukan hanya tanggungjawab pihak sekolah saja, akan tetapi termasuk pak polisi pada hari ini,” katanya.

Zulfadli juga berharap kegiatan serupa dapat ditingkatkan, sehingga ke depan kedisiplinan dan pengetahuan siswa terhadap berlalu lintas akan lebih mendalam.

“Kalau diharapkan dari sekolah saja, bisa dikatakan tidak sanggup oleh karena itu kegiatan seperti ini harus ditingkatkan dan diteruskan dalam setiap waktunya,” pintanya singkat. (Red/Zal)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :