Topik Terhangat

Alat Rontgen RSUD Abdya Tak Kunjung Membaik

Alat Rontgen RSUD Abdya Tak Kunjung Membaik

Alat Rontgen RSUD Abdya Tak Kunjung Membaik

BLANGPIDIE|DiliputNews.com – Akibat tidak adanya alat rontgen di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teuku Peukan Aceh Barat Daya (Abdya). Seorang pasien terpaksa harus mendatangi Klinik di daerah lain untuk memeriksa kondisi penyakit yang dideritanya, pasalnya, rumah sakit kebanggaan puluhan ribu masyarakat Abdya itu, hanya memiliki alat rontgen rusak dan sudah puluhan kali diperbaiki juga tak kunjung membaik.

Muhammad Jalil (55) warga Desa Suka Damai, Kecamatan Lembah Sabil, kepada DiliputNews.com, Sabtu (7/12), mengaku harus menerima jawaban pilu dari pihak rumah sakit karena dianjurkan untuk dirontgen ke daerah lain, sebutnya di Klinik Labuhan Haji Tengah, Kabupaten Aceh Selatan.

“Karena alat rontgen rumah sakit itu rusak, saya terpaksa harus mengeluarkan biaya  dan berjalan jauh hanya untuk di rontgen ke tempat lain, apalagi yang saya datangi itu adalah klinik swasta di daerah labuhan haji tengah, Aceh Selatan, sudah pasti bakal mengeluarkan biaya besar,” tuturnya.

Ironisnya, luka sayatan cakar Harimau yang dialami Pawang Jalil (nama sapaan) sekitar tiga minggu lalu, membuat dirinya sering mengalami pusing-pusing bila mengendarai sepeda motor dan berdiri dalam waktu yang cukup lama, untuk itu dia harus memeriksa kembali kerumah sakit setempat guna mengetahui penyebab sering pusing yang dideritanya tersebut.

“Meskipun luka cakaran Harimau itu sudah sembuh, namun ketika saya mengandarai sepeda motor tiba-tiba kepala menjadi  pusing dan seperti hilang kendali, termasuk kalau berdiri cukup lama akan berdampak hal yang sama, saya kuatir dengan hal itu, makanya mintak untuk dirontgen,” kata Pawang Jalil singkat ketika dijumpai sedang ngopi disalah satu warung dekat kediamannya.

Menanggapi hal itu, Direktur RSUD Teuku Peukan Abdya, dr. Ivandri, SpAn yang dihubungi DiliputNews.com, mengatakan, selama ini rumah sakit hanya menyediakan alat rontgen portebel (skala kecil), jadi, kata Ivendri, alat tersebut tidak mampu mengkopi dalam kapasitas banyak.

“Dengan kondisi demikian kita hanya bisa menampung seadanya saja, bila terus dipaksakan akan membuat alat itu rusak, karena selama ini alat rontgen yang ada di rumah sakit ini tidak seperti ruang radiologi rumah sakit pada umumnya, makanya sering rusak dan sudah puluhan kali diperbaiki, juga tak kunjung membaik,” terangnya.

Disebutkannya, alat rontgen yang baru sedang dalam perjalanan, mudah-mudahan dengan datangnya alat yang baru akan meningkatkan kembali pelayanan kesehatan di rumah sakit ini.

“Kita sudah menghubungi pengantar alat rontgen tersebut, katanya sudah sampai sekitar daerah Palembang, karena alat tersebut kita pesan di Jakarta, kita sudah berupaya semaksimal mungkin untuk membenahi kekurang dirumah sakit ini,” singkatnya. (Red/Zal)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :