Topik Terhangat

UTU Meulaboh Siap Menjadi Perguruan Tinggi Negeri

Universitas Teuku Umar Siap Menjadi Perguruan Tinggi Negeri

Universitas Teuku Umar Siap Menjadi Perguruan Tinggi Negeri

JAKARATA | DiliputNews.com – Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso mengungkapkan bahwa salah satu alasan penegerian Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan pendirian Akademi Komunitas adalah dalam rangka perluasan akses pendidikan tinggi.

Hal tersebut diungkapkan Djoko dalam acara Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Aset Universitas Teuku Umar dan Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat Serta Penandatanganan Berita Acara Pinjam Pakai Aset dan Nota Kesepahaman Kopertis Wilayah XIII Aceh yang bertempat di lantai 18, Gedung D Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“  Mengapa Kita menegerikan Universitas Teuku Umar?  “ ungkap Djoko. Dirjen Dikti yang merupakan mantan Rektor ITB ini menjelaskan ada beberapa alasan mengapa pemerintah melakukan penegerian Universitas Teuku Umar.

Pertama, pemerintah ingin meningkatkan akses pendidikan tinggi pada Provinsi Aceh khususnya bagian Barat Selatan. Selanjutnya, dengan adanya penegerian ini diharapkan Universitas Teuku Umar dapat berkembang lebih besar dan maju lagi, tidak hanya dari segi jumlah mahasiswa namun juga dalam hal kualitas pendidikannya. “ Ketiga, kalau kita sudah mempunyai angkatan kerja yang besar dan bermutu, itu pasti relevan dengan kebutuhan masyarakat “, pungkas Djoko.

Diharapkan aceh akan muncul sebagai salah satu pusat pendidikan tinggi di Indonesia dimasa yang akan datang. Letak aceh yang strategis juga merupakan keunggulan daerah untuk menyerap mahasiswa pendidikan tinggi tidak hanya dari wilayah Indonesia namun juga  dari luar negeri, seperti Malaysia dan Thailand.

Pada kesempatan ini, Sekretaris Daerah Provinsi Aceh Dermawan mewakili Gubenur dan masyarakat Aceh mengucapkan rasa terima kasih dan bahagia masyarakat Aceh atas dinegerikannya Universitas Teuku Umar, pendirian Kopertis Wilayah XIII Aceh dan pendirian Akademi Komunitas di Aceh. “ Pendirian Kopertis Wilayah XIII Aceh sangat diperlukan untuk membina 107 perguruan tinggi swasta yang ada di Aceh, yang sebelumnya berada dibawah binaan Kopertis Wilayah I Medan “ Ungkap Dermawan.

Dermawan berharap melalui langkah ini dapat meningkatkan kualitas dan akses pendidikan tinggi di Aceh. Pemerintah Daerah Aceh, baik provinsi maupun kabupaten/kota akan selalu memberikan dukungan bagi program ini baik berupa sarana, prasarana maupun sumber daya manusia.

Acara Serah Terima Aset Universitas Teuku Umar dan Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat Serta Penandatanganan Berita Acara Pinjam Pakai Aset dan Nota Kesepahaman Kopertis Wilayah XIII Aceh ini dihadiri perwakilan MPR RI,  perwakilan DPR, perwakilan DPRD Aceh, Bupati/Walikota di Aceh dan pejabat di lingkungan Ditjen Dikti Kemdikbud.(Red/DT)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :