Topik Terhangat

Warga Komplek CI Abdya Protes Dump Truk Rusaki Jalan

Warga Komplek CI Abdya Protes Dump Truk Rusaki Jalan

Warga Komplek CI Abdya Protes Dump Truk Rusaki Jalan


BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Ruas jalan disekitar Kompleks Cemara Indah (CI), Desa Pulau Kayu, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) penuh dengan lubang dan rusak parah, kendati demikian warga yang tinggal dikompleks tersebut merasa terganggu dengan lintasan mobil dump truk pengangkut batu bijih besi milik PT Juya Aceh Mining yang ketika beroperasi menimbulkan debu dan kebisingan diwaktu malam, tepatnya saat warga sedang dalam waktu tidur.

Laporan dari warga itu, membuat Wakil DPRK Abdya, Elizar Lizam SE AK, Jum’at (13/12)  angkat bicara. Kepada DiliputNews.com, Ia mengatakan, dulu mereka (pihak perusahaan) pernah berjanji akan mengaspal jalan itu, tapi sampai saat ini belum terlihat perbaikannya, justru makin tambah parah.

“Selaku wakil rakyat, kita meminta kepada pihak perusahaan, agar jalan itu segera diperbaiki secepatnya, paling tidak dilakukan penimbunan supaya tidak berlubang dan mengganggu kenyamanan warga setempat,” ungkapnya

Dikatakan Elizar Lizam atau sering dipanggil dengan sebutan Adun itu, janganlah mencari keuntungan diatas penderitaan orang lain, sebab pada saat truk itu perjalan dengan kapasitas beban yang cukup berat, maka akan menimbulkan kebisingan saat warga sedang tertidur, karena mereka beraktivitas pada malam hari dari pukul 20.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB. “Ciptakanlah kenyamanan itu selagi bisa, karena dalam mencari keuntungan kenapa warga sekitar yang harus disakiti,” lanjutnya.

Kenapa disampaikan seperti ini, tambah Adun, karena mereka tidak mau berunjuk rasa seperti  pada umumnya, sebab mereka merasa dirinya adalah seorang abdi negara (PNS) jadi tidak perlu ditempuh dengan jalur aksi cukup dengan penyampaian permintaan saja.

“Dulu jalan itu memang sudah diaspal namun kecil, jadi untuk melebarkannya pihak perusahaan membuat timbunan diatas aspal tersebut,  seiring waktu, jalan itu semakin rusak dan berlubang, ditambah lagi dump truk pengangkut bijih besi yang sering melintas itu tampa mengenal waktu untuk beraktivitas,” demikian Adun.

Menurut Kepala Bidang Pengembangan Pertambangan Mineral Batubara dan Panas Bumi Distamben Abdya, Ubairizal ST, mengatakan, jalan itu digunakan PT Juya Aceh Mining hanya sebagai hak pakai, sementara izinnya dikeluarkan dari provinsi. “Kita sudah meminta kepada pihak perusahaan untuk segera memperbaiki kerusakan jalan, pihaknya berjanji akan memperbaikinya dalam waktu dekat ini,” singkat Ubai.

Sementara itu, Kepala Teknik Tambang (KTT) PT Juya Aceh Mining, Yuda yang dihubungi DiliputNews.com, mengatakan, jalan itu akan diperbaiki dan diratakan. “Kita akan perbaiki dan akan meratakan jalan tersebut, penggunaan jalan itu kita memiliki izin  dari Gubernur Aceh,” katanya.

Lanjutnya, pihak perusahaan tidak pernah menjanjikan untuk mengaspal jalan tersebut. “Kami tidak pernah menjanjikan untuk pengaspalan, namun sudah tanggung jawab kami untuk meratakan dan menutupi yang berlobang,” singkatnya via telepon. (Red/Zal)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :