Topik Terhangat

Puluhan Tahun Jalan Suka Damai Luput Dari Perhatian Pemerintah

Puluhan Tahun Jalan Suka Damai Luput Dari Perhatian Pemerintah

Jalan Rusak Ilustrasi

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Puluhan tahun jalan Desa Suka Damai, Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya menuju Dusun Lhok Batee Intan, Desa Padang, Kecamatan Manggeng itu luput dari perhatian Pemerintah setempat.

Jalan sapanjang kurang lebih satu kilo meter itu, dipenuhi dengan lubang-lubang dalam, ketika hujan turun ratakan pada badan jalan menjadi lintasan aliran air, akibatnya secara pelan-pelan mulai mengikis aspal pada badan jalan tersebut.

Informasi dari warga setempat, jalan itu pernah diaspal pada tahun 80 an, namun seiring dengan waktu, jalan tersebut mulai menampakkan kerusakan karena termakan usia, malahan hingga saat ini belum juga diperbaiki.

Padahal jalan yang sudah puluhan tahun itu, banyak memberikan dampak manfaat untuk warga yang bekerja sebagai petani termasuk anak sekolah warga setempat.

“Pengusulan sudah berulang kali kita lakukan, namun pemerintah belum memberikan jawaban yang pasti, masalahnya kita hanya sering mendengar janji-janji belaka yang diucapkan oleh para pejabat ketika mengunjungi desa kami ini, padahal warga sangat berharap sekali jalan itu diaspal kembali supaya tidak menimbulkan lubang seperti yang kita lihat saat ini,” ungkap TM Daod Yuska yang merupakan tokoh masyarakat desa setempat, kepada DiliputNews.com, Rabu (18/12).

Dikatakannya, jalan itu merupakan satu-satunya akses warga untuk mencari nafkah, baik yang tinggal dilokasi tersebut maupun yang datang dari luar. “Meski usulan itu belum juga ada jawaban, namun kita tidak pernah berhenti  sampai jalan itu benar-benar dibangun, tetap akan kita layangkan usulan kepada pemerintah,” singkat Daod

Terkait dengan hal itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Abdya, Rahwadi ST yang dijumpai DiliputNews.com, menjelaskan, peningkatan jalan Desa Suka Damai, Kecamatan Lembah Sabil, Abdya, sudah dimasukkan kedalam Dana Alokasi Khusu (DAK) tahun 2014. “Jalan itu sudah kita usulkan, dan bila tidak ada perubahan dalam tahun ini jalan tersebut akan selesai di aspal hotmix,” jelasnya.

Lanjutnya, kedepan pihaknya akan melakukan survey besar-besaran untuk melihat ruas jalan yang belum dibangun dan diperbaiki. “Pada tahun 2014, kita sudah merencanakan pembangunan jalan hotmix untuk 20 ruas jalan di Abdya, untuk itu kita meminta kepada masyarakat bila masih ada jalan yang rusak segera melaporkan kepada kita supaya akan mudah untuk kita rencanakan. (Red/Zal)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :