Topik Terhangat

Puluhan Hektar Padi Di Aceh Selatan Digasak Babi Hutan

Puluhan Hektar Padi Di Aceh Selatan Digasak Babi Hutan

Puluhan Hektar Padi Di Aceh Selatan Digasak Babi Hutan

TAPAKTUAN | DiliputNews.com –  Puluhan hekter tanaman padi di desa Mutiara, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan di serang hama babi hutan dan hama tikus, sehingga para petani diwilayah itu terancam gagal panen.

Hasanusi (48), seorang petani kepada DiliputNews.com, Rabu (18/12) mengatakan mengganasnya hama babi, tikus dan ulat di daerah itu sangat merasahkan, semua tanaman padi di obrak abrik.

Mengatasi hama itu, kata Hasanusi sangat sulit, selama ini para petani sudah melakukan berbagai cara membasminya, mulai dari memberikan racun sampai dengan menginap di persawahan.

“Petani mengeluhkan atas serangan hama babi hutan dan hama tikus juga hama ulat lain nya, petani mengharapkan pemerintah memperhatikan dan membantu mengatasi hama tersebut,” katanya.

Ia mengaku, untuk membeli racun hama tersebut para petanipun juga kesulitan, disebabkan faktor ekonomi, “Kami juga tidak memiliki uang untuk mengusir hama tersebut, semoga pemerintah dapat membantu dengan cara menghalau hama babi ganas itu,” ungkapnya.

Kata Sanusi, Ia terpaksa memanen padi lebih awal, sebab jika tidak diambil, babi akan merusak semua padi, dan bisa gagal panen, “Kami terpaksa memanen lebih awal ketimbang tidak mendapat apa-apa, walaupun padinya belum layak untuk di panen,’ pungkasnya. (Red/An)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :