Topik Terhangat

Pemkab Aceh Gelar Half Marathon Internasional

Pemkab Aceh Gelar Half Marathon Internasional

Pemkab Aceh Gelar Half Marathon Internasional

MEULABOH | DiliputNews.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dan Pemerintah Aceh, Minggu (22/12) menggelar Half Marathon Internasional bertajuk Tsunami Games II di lapangan Teuku Umar Meulaboh.

Pelepasan peserta lari half marathon ini, dilakukan oleh Sekda Aceh, Dermawan MM, dan Bupati Aceh Barat, HT Alaidinsyah. Sebanyak 1.600 lebih peserta dari berbagai kalangan dan berasal dari Luar negeri, Marathon ini terbagi atas 2 katagori yaitu 5 km untuk pelajar dan 21 km untuk umum. Pada kelas 21 km diikuti oleh peserta internasional seperti dari negara Kenya, singapura dan malaysia.

Sekda aceh Drs.H. Dermawan mengatakan kegiatan ini menjadi agenda provinsi Aceh yang digelar sebagai salah satu untuk mengenang tsunami yang terjadi tahun 2004 lalu “Disamping untuk mengenang musibah tsunami, kegiatan ini juga menjadi ajang promosi daerah di mata dunia internasional,” ungkapnya.

Sementara Bupati Aceh Barat menyambut baik atas terlenggaranya moment ini “pemkab aceh barat bersama masyarakatnya, siap menjadi penyeleggara maupun tempat dilaksanakannya kegiatan besar baik skala nasional maupun internasional”

Adapun Rute yang ditempuh mengelilingi kota Meulaboh ke arah gampong Lapang yang secara history juga merupakan rute evakuasi atau penyelematan diri masyarakat dari kawasan bibir pantai ke dataran tinggi saat terjadi tsunami lalu.

Hasil perlombaan untuk 21 km putra didominasi pelari dari Kenya, setiap pemenang 1 sampai 10 mendapat tropi, sertifikat, dan cendramata dan uang tunai. Untuk juara 1 diraih Alfred Kipo dengan hadiah sebesar Rp40 jt, juara II Jairus Ondora Chancima mendapat uang 18 juta dan Juara III Thomas Maritim mendapay Rp10 juta.

Sementara untuk wanita juga diraih oleh warga kenya masing-masing juara 1 Jaklin Nizvo memperoleh uang 30 juta, juara 2 Ann Njiha dengan 20 jt dan juara 3 viola 10 juta.

Sedangkan untuk katagoti 5 km yg diikuti pelajar, putra dan putri. masing-masing memperoleh juara Rp1, 3 juta, juara Rp2,5 juta, juara 3 mendapat Rp2 juta, juara Rp4 1,5 juta dan juara 5 Rp.1 juta.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :