Topik Terhangat

Pemkab dan TNI Kembangkan Jagung Hibrida di Aceh Barat

Pemkab dan TNI Kembangkan Jagung Hibrida di Aceh Barat

Pemkab dan TNI Kembangkan Jagung Hibrida di Aceh Barat

MEULABOH | DiliputNews.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dan TNI AD dibawah Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0105 Aceh Barat, Selasa (24/12) melakukan tanam perdana Jagung Hibrida, di komplek perumahan BB1, Gampong Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat.

Komandan Kodim 0105 Aceh Barat Letnan Kolonel Arm Deny Azhar Rizaldi, Selasa (24/12) kepada DiliputNews.com mengatakan, pengembangan komoditi jagung Hibrida merupakan salah satu upaya untuk mendukung ketahanan pangan dan program optimalisasi lahan seluas 300 Hektar di Kabupaten Aceh Barat.

“Sentranya pengembangan jagung hibrida ini, di tiga Kabupaten yakni Aceh Barat, Aceh Barat Daya dan Nagan Raya, masing-masing kabupaten seluas 300 Hektar,” ungkapnya

Dikatakannya, program pengembangan jagung hibrida tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan, sehingga kabupaten Aceh Barat menjadi daerah swasemda pangan.

“Diperkirakan kedepan kebutuhan akan meningkat dan harga akan mahal, kita berharap masyarakat mau mengembangkan komoditi ini,” kata Deny

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Barat, Drs. H Rahmat Fitri HD (H Nanda), dalam sambutannya mengatakan pemerintah menyambut baik program pengembangan jagung hibrida di kabupaten Aceh Barat.

“Program ini sangat bagus, untuk optimalisasi lahan yang selama ini kurang dimanfaatkan, sehingga menjadi budidaya untuk memperluas areal tanam dan meningkatkan produksi pertanian,” ujar H Nanda.

Menurutnya, komoditi jagung hibrida mudah untuk di budidayakan, tinggi produktivitasnya dan nilai jual pun tinggi. Bahkan di beberapa daerah, menanam jagung hibrida tersebut lebih menguntungkan dibandingkan dengan menanam padi.

“Harapan kita, program ini dapat meningkatkan taraf perekonomian dan kesejhateraab masyarakat di kabupaten Aceh Barat serta dapat menyukseskan program swasembada pangan,” katanya menambahkan. (Red/Za)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :