Topik Terhangat

Kunker Di Aceh Barat, Kementerian PDT Serahkan Bantuan 8 Miliar

Kunker Di Aceh Barat, Kementerian PDT Serahkan Bantuan 8 Miliar

Kunker Di Aceh Barat, Kementerian PDT Serahkan Bantuan 8 Miliar

MEULABOH | DiliputNews.com – Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), Helmi Faisal Zaini, Sabtu (28/12) malam, sekitar pukul 20.00 Wib, tiba di Kota Meulaboh dalam rangka melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) dan Silaturrahmi dengan berbagai elemen di Kabupaten Aceh Barat.

Sebelumnya, pada sore hari rombongan kementerian PDT bertolak dari Tapak Tuan, Aceh Selantan dan kemudian setiba di Meulabo, rombongan lansung melakukan kunjungan ke Pesantren Madinatul Diniyah Almunawarah, Pasi Jambu Kecamatan Kaway XVI untuk bersilaturrahmi dengan pengurus pesantren, santri dan masyaralat setempat.

Kegiatan silahturrahmi ke pesantren tersebut, turut di damping oleh Wakil Bupati Aceh Barat, H Rahmad Fitri, HD beserta Muspika setempat. Selain melakukan silaturrahmi, Menteri Helmi Faisal Zaini juga menyerahkan bantuan tunai dan menerima proposal yang diajukan oleh pengurus pesantren untuk pembangunan pesantren tersebut.

Setelah melakukan kunjungan ke pesantren, rombongan menuju ke kantor Bupati Aceh Barat, untuk melakukan temu ramah dan silaturrahmi dengan Bupati, Muspida dan Kepala SKPK serta para undangan lainnya.

Kegiatan Silaturrahmi dan temu ramah tersebut diawali dengan jamuan makan malam dan para undangan juga disugughkan dengan tarian saman gayo.

Bupati Aceh Barat, H T Alaidinsyah (H Tito), dalam sambutannya menyampaikan gambaran demografi daerah kabupaten Aceh Barat. Ia mengatakan, masyarakat Aceh Barat mayoritas mata pencaharian sebagai petani.

Dikatakan H Tito, Kabupaten Aceh Barat termasuk dalam List Website Kementerian PDT dari 183 Kabupaten/Kota dan menurut data BPS Tahun 2011, tingkat angka kemiskinan di Aceh Barat mencapai 23,18 Persen.

“Pemerintah dan masyarakat Aceh Barat, sangat berkeinginan menjadi salah satu daerah binaan dan penerima manfaat dari program kementerian PDT,” ujar H Tito.

Disamping itu, Bupati H Tito juga mengajukan permohonan kepada kementerian PDT untuk program pembinaan dan pembangunan dayah/pesantren, pembangunan jembatan gantung pada wilayah tertinggal, penyediaan alat-alat pertanian, pembangunan irigasi sederhana untuk daerah tertinggl, peningkatan jalan non status dan pembangunan dan pembinaan komunitas adat terpencil.

Sementara Menteri PDT, Helmi Faisal Zaini, terkait dengan permohonan beberapa program dari pemerintah kabupaten Aceh Barat, pihak kementerian PDT akan mempe;ajari dan menelaah lebih lanjut.

“Mari kita sama-sama manfaatkan potensi yang dapat dikembangkan untuk meningkat perekonomian dan menurunkan angka kemiskinan. Pengentasan kemiskinan merupakan tugas yang harus di emban kementeriannya dalam menyukseskan program nasional,” ujarnya.

Dalam kegiatan Kunker tersebut, Kementrian PDT menyerahkan berita acara serah
terima bantuan yang diberikan Kementerian kepada Pemkab Aceh Barat untuk tahun anggaran 2013 senilai Rp 8.066.800.000, yang terdiri dari bantuan alat kesehatan untuk Rumah Sakit senilai Rp 5 miliar, Bantuan Peningkatan Infrastruktur Ekonomi Hantraktor Rp.258.600.000,- Bantuan Kemandirian Kelembagaan Rp.26.910.000,- dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp.2.781.290.000,-.(Red/Za)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :