Topik Terhangat

PMI Aceh Selatan Gelar Simulasi Penanganan Korban Lakalantas

PMI Aceh Selatan Gelar Simulasi Penanganan Korban Lakalantas

PMI Aceh Selatan Gelar Simulasi Penanganan Korban Lakalantas


TAPAKTUAN | DiliputNews.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Aceh Selatan bekerjasama dengan Satlantas Polres Aceh Selatan menggelar simulasi penanganan korban kecelakaan lalulintas (Lakalantas), Senin (30/12) di Jl. Syech Abdulrauf Tapaktuan.

Simulasi yang berlangsung tidak kurang dari 8 menit ini memperagakan aksi penanganan korban Lakalantas dengan kejadian antara mobil kijang kapsul dengan pengendara sepeda motor.

Adapun kronologi kejadian disebabkan kelalaian sopir mobil Kijang kapsul menyetir sambil menggunakan hand phone dan tanpa disadari dari arah berlawanan secara tiba-tiba muncul pengendara sepeda motor dengan kecepatan tinggi, sopir terkejut secara spontan membanting stir ke pembatas jalan sehingga menabrak pohon diatas trotoar, sedangkan pengendara sepeda motor terserempet sehingga jatuh ke badan jalan sejauh 2 meter, kedua korban mengalami luka serius sebagaimana di ungkapkan saksi mata Saurul Basni.

Spontan masyarakat yang berada di warkop menghampiri tempat kejadian dan langsung menghubungi polisi, tidak lama kemudian Satlantas polres Aceh Selatan dengan menggunakan mobil Patwal tiba di lokasi kejadian.

Dikarenakan kondisi jalan ramai dengan kerumun masyarakat yang penasaran ingin menyaksikan kejadian, sempat membuat kemacetan di Jl. Syech Abdulrauf, Satlantas secara sigap langsung mengamankan lokasi kejadian dengan melakukan olah Tempat kejadian Pertama.

Berikutnya kondisi korban mengalami luka serius Satlantas menghubungi Ambulans PMI Kabupaten Aceh Selatan, tidak lama berselang datang 2 unit mobil ambulans PMI Kab. Aceh Selatan bersama Kru secara cepat melakukan tindakan Pertolongan Pertama kepada dua korban yang dengan posisi terjepit di dalam mobil kijang kapsul dan satu korban tergeletak di tengah jalan.

Kepala Markas PMI Kabupaten Aceh Selatan Jeep Hendrian menyatakan simulasi ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kapasitas pelayanan ambulans untuk masyarakat Aceh Selatan,

Hal senada juga disampaikan KaSatlantas Polres Aceh Selatan Ikmal, pelaksanaan simulasi ini sebagai bentuk kerjasama MoU PMI Kabupaten Aceh Selatan dengan Satlantas Polres Aceh Selatan, Rumah Sakit Yuliddin Awai, Pemda Aceh Selatan.

Ikmal juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat telah terlaksana dengan baik simulasi ini dan mengharapkan kecelakaan ini tidak perlu terjadi, pengendara roda dua dan empat, pengguna jalan lainnya harus berhati-hati dijalan utamakan keselamatan diri maupun pengguna jalan lainnya taati peraturan lalu lintas maupun himbauan dari petugas.

“Harapan jika kecelakaan seperti ini terjadi kepada masyarakat dimohon dapat memberikan pertolongan dan segera hubungi instansi terkait Polisi, Medis maupun pihak terdekat,” pintanya.(Red)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :