Topik Terhangat

Pengungkapan Kasus Narkoba di Aceh Belum Maksimal

Pengungkapan Kasus Narkoba di Aceh Belum Maksimal

Pengungkapan Kasus Narkoba di Aceh Belum Maksimal


BANDA ACEH | DiliputNews.com – Kapolda Aceh Irjen Pol Herman Effendi mengatakan pengungkapan kasus narkotika dan obat terlarang (narkoba) di wilayah hukumnya belum maksimal.

“Terus terang saya kecewa pengungkapan kasus narkoba masih rendah. Tidak sebanding dengan jumlah pengguna barang terlarang tersebut,” ungkap Kapolda Aceh Herman Effendi di Banda Aceh, Kamis.

Sebelumnya, Polda Aceh merilis pengungkapan kasus narkoba sepanjang 2013 mencapai 1.075 kasus. Jumlah tersebut meningkat 79 dibanding pada 2012, di mana total kasus pada tahun lalu hanya 999 kasus.

Menurut Kapolda, jumlah kasus yang diungkap tersebut masih terlalu sedikit, sebab data Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh, jumlah pengguna narkoba mencapai 10 ribu orang.

Dari jumlah tersebut, kata dia, yang diungkap hanya beberapa persen. Karena itu, butuh kerja keras dan dukungan masyarakat memberantas peredaran narkoba.

“Jika seorang pencandu narkoba mengkonsumsi 0,1 sabu-sabu, maka ada satu kilogram berang terlarang itu beredar di Aceh. Inilah yang harus kita basmi,” kata dia.

Jenderal berbintang dua ini mengakui rendahnya pengungkapan kasus narkoba tersebut juga tidak terlepas masih kurangnya partisipasi masyarakat.

Masyarakat masih cenderung menutup-nutupi pengedar narkoba. Buktinya, ketika polisi hendak menangkap dan menembak pengedar narkoba karena melawan, masyarakat malah memutarbalikkan fakta.

“Ini contoh kasus. Anggota kita terpaksa menembak seorang pengedar di Bireuen. Ketika keluarganya diperiksa, malah memberikan keterangan penangkapan itu dil uar prosedur. Ini kan tidak benar lagi,” kata dia.

Begitu juga ketika polisi hendak menyamar masuk ke sindikat narkoba. Ketika sindikatnya digulung, polisi yang menyamar tersebut khawatir turut dituduh sebagai bagian anggota sindikat.

“Jadi serba salah. Oleh karena itu, kami mengajak masyarakat berpartisipasi aktif memberantas peredaran narkoba. Paling tidak, membentengi keluarga dari penyalahgunaan narkoba,” kata Irjen Pol Herman Effendi.(Red/Ant)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :