Topik Terhangat

PMI Aceh Selatan Gelar Youth Camp

PMI Aceh Selatan Gelar  Youth Camp

PMI Aceh Selatan Gelar Youth Camp

TAPAKTUAN | DiliputNews.com – Dalam rangka pembinaan karakter kepada generasi muda di wilayah Aceh Selatan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Aceh Selatan menyelenggarakan Youth Camp Anggota Remaja Tingkat Madya dan Wira Se-Aceh Selatan pada tanggal 29 Desember 2013 s/d 1 Januari 2014 bertempat di lapangan Aroya Bengkuang Tapaktuan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua PMI Kabupaten Aceh Selatan Drs. H. Harmaini. M.Si dan di diikuti sebanyak 350 perwakilan anggota PMR dari 11 Sekolah SLTP/MTS dan SMA/SMK/MA, turut juga dihadiri oleh Dinas Pendidikan, Kementrian Agama, BPBD, Polsek, Koramil, Kepala Sekolah, Guru Pembina PMR se-Kabupaten Aceh Selatan.

Kegiatan perkemahan remaja Youth Camp yang dilakukan bertepatan dengan pergantian tahun 2013 – 2014 ini mengambil tema “Pengembangan Karakter Generasi Muda, Sebagai Agen Perubahan”.

Ketua PMI Kabupaten Aceh Selatan Drs. H. Harmaini. M.Si mengatakan perhimpunan PMI merupakan organisasi berbasis kerelawanan yang sebagian besar adalah generasi muda, sehingga mereka adalah ujung tombak terdepan dalam pelaksanaan misi kemanusiaan, sudah menjadi keharusan bagi kami Pengurus, untuk menjadikan relawan mendapatkan prioritas pembinaan dan pengembangan dikarenakan nilai kerelawanan yang ada dalam hati setiap relawan PMI, ternyata mampu menggerakan partisipasi dan peran aktif seluruh anggota masyarakat untuk kemanusiaan.

Sementara itu, Kepala Markas Jeep Hendrian, dengan kegiatan tersebut mengharapkan
generasi muda akan terjaga dan terhindar dari hal negatif, sehingga pada usia mereka yang masih produktif dapat diarahkan untuk melakukan kegiatan yang positif bermanfaat untuk diri mereka maupun masyarakat, sehingga media pembelajaran dilakukan di alam seperti youth camp ini sangat efektif untuk meningkatkan potensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap para remaja.

Adapun desain dari youth camp berbentuk latihan gabungan diantaranya upaya pengurangan risiko bencana, pertolongan pertama, aksi bersih di tempat ibadah, sarasehan dan pentas kreasi seni.

PMI Aceh Selatan juga mengundang pemateri dari BNN dan Satlantas Polres Aceh Selatan pada kegiatan sarasehan Narkoba dan road safety riding (keselamatan berlalu lintas).

Menutup pelaksanaan youth camp di awal tahun 2014 panitia dan fasilitator memberikan penghargaan kepada guru Pembina sebagai pendamping terbaik dan PMR unit terbaik diantaraya dalam bidang kegiatan latihan gabungan terbaik pertama SMPN 2 Tapaktuan, terbaik kedua MTsS Lawe Sawah, ketiga MTsN Samadua, sedangkan untuk tingkat wira pertama SMAN 1 Kluet Utara, kedua MAN Kluet Selatan, Ketiga MAN Unggul Tapaktuan, dan terbaik bidang pentas kreasi seni pertama MTSN Samadua, kedua SMAN 2 Kluet Utara, Ketiga MAN Kluet Selatan, Harapan MAN Unggul Tapaktuan.(Red)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :