Topik Terhangat

KIP Abdya Seleksi Puluhan Calon Relasi

KIP Abdya Seleksi Puluhan Calon Relasi

KIP Abdya Seleksi Puluhan Calon Relasi

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif pada 9 April 2014 mendatang, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan penyeleksian 59 calon Relawan Demokrasi (Relasi) yang tersebar dalam sembilan kecamatan di kabupaten setempat.

Ketua KIP Abdya, Muhammad Jakfar kepada DiliputNews.com, Sabtu (4/1) dikantor KIP stempat, mengatakan, dalam pengrekrutan itu nantinya disaring sebanyak 25 orang yang merupakan representasi dari 5 segmen masyarakat dan nantinya akan menjadi target sosialisasi antara lain, segmen pemilih pemula, segmen pemilih perempuan, segmen pemilih marginal, segmen pemilih penyandang disabilitas, dan segmen pemilih keagamaan.

Relasi ini diharapkan nantinya dapat berperan aktif dalam kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan kualitas demokrasi.
“ Ini salah satu upaya yang akan dilakukan guna meningkatkan partisipasi pemilih, sebab pengaruh mereka sangat besar dalam menyukseskan semua tahapan penyelenggaraan Pemilu,” katanya.

Jakfar menjelaskan, pembentukan relawan tersebut, berdasarkan petunjuk dari KPU pusat. Dengan adanya relawan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses pemilu, kemudian meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokratisasi.

Selain itu, Relasi juga berperan sebagai mitra KIP dalam membantu tugas-tugas KIP, paling tidak dengan adanya Relasi mampu menekan angka golongan putih (Golput) pada pemilihan legislatif di Abdya nantinya.

“Rekrutmen ini semata-mata untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih dan melibatkan peran serta masyarakat yang seluas-luasnya, dan merekan nantinya akan menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih guna meningkatkan kesadaran tinggi dan tanggung jawab penuh, sehingga masyarakat masyarakat dapat menggunakan hak penuh sebagai pemilih yang optimal,” lanjutnya.

Lebih lanjut dikatakan Jakfar, para calon Relasi tersebut akan melewati beberapa tahapan, seperti lulus persyaratan adminstrasi, memiliki wawasan tentang Pemilu, pengetahuan umum serta memilik etika yang baik.

“Dalam memberikan pendidikan dan pemahaman tentang Pemilu kepada masyarakat, Relasi dapat menggunakan berbagai media salah satunya media sosial yang ada dalam masyarakat, sehingga masyarakat dapat lebih mudah memahami apa yang akan disosialisasikan. Satu suara itu sangat penting bagi perubahan di masa medatang,” tuturnya.

Kepada 25 Relasi yang lulus nantinya, harap Jakfar,  agar dapat menjalankan amanah tersebut dengan semaksimal mungkin, sehingga harapan untuk mewujudkan Pemilu yang berkualitas akan tercapai.

“Bekerjalah sesuai dengan apa yang diharapkan dan mampu memberikan masukan dan pemahaman yang positif kepada seluruh lapisan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Herman.R salah seorang calon Relasi dari Kecamatan Susoh kepada DiliputNews.com, mengaku sangat bangga dapat menjadi sorang Relasi. Menurutnya, selain mendapatkan pengalaman dan menambah wawasan tentang Pemilu, tugas sebagai Relasi juga dapat lebih menambah kedekatan dengan semua lapisan masyarakat.

“Yang paling penting bisa memberikan hal terbaik untuk masyarakat  dangan harapan mampu mewujudkan Pemilu yang berkualitas,” pungkasnya.(Red/Zal)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :