Topik Terhangat

PT Mifa Bersaudara Akan Mendata Satwa Dilindungi

MEULABOH | DiliputNews.com –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat, Provinsi Aceh bersama perusahaan tambang PT Mifa Bersaudar, berencana mendata keberadaan satwa dilindungi terutama Gajah Sumatera (elephas maximus sumatranus).

‘Pendataan ini untuk menghindarkan terjadi konflik satwa dengan warga seputar konsesi tambang perusahaan,’ kata Handi Adrian, relasi media PT Mifa Bersaudara, di Meulaboh, Senin.

Menurut dia, pendataan tersebut sudah lama direncanakan dan tinggal menyusun program bersama pemerintah daerah untuk bersama-sama mendata sekaligus melindungi gajah sumatera di Aceh Barat.

Ia mengatakan, di kawasan konsesi tambang PT Mifa Bersaudara, yakni pedalaman Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, merupakan lintasan gajah sumatera, sehingga setiap saat terlihat. Bahkan sudah pernah menghentikan operasional perusahaan tambang batubara tersebut.

Namun demikian, dengan berbagai upaya dan ritual bersama masyarakat gajah berhasil dihalau kembali ke hutan. Selain itu, pihak perusahaan juga sudah memasang rambu-rambu jalurnya gajah agar pekerja maupun warga tidak sembarangan masuk kawasan.

‘Kawanan gajah terlihat setiap hari karena memang di sana merupakan lintasan mereka. Tentunya harus ada upaya melindungi mereka juga agar tidak punah. Kalau bisa kawanan gajah itu bisa bersahabat dengan masyarakat,’ imbuhnya.

Menyangkut pasca terjadinya amuk gajah yang menelan korban jiwa, Sabtu (4/1), Handi Adrian mengatakan tidak menyebabkan terganggunya aktivitas perusahaan tambang tersebut. Meskipun lokasi amuk gajah berjarak dekat.(Red/ Ant)

 


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :