Topik Terhangat

Hakim Putuskan PT Kalista Alam Perusak Lingkungan

Hakim Putuskan PT Kalista Alam Perusak Lingkungan

Hakim Putuskan PT Kalista Alam Perusak Lingkungan

MEULABOH | DiliputNews.com – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Meulaboh, Rabu (8/01) memutuskan Perkara Perdata Nomor 12/PDT.G/2012/PN-MBO tentang pembakaran lahan rawa tripa oleh PT Kalista Alam.

Ketua Pengadilan Negeri Meulaboh, Rahmawati SH mengatakan diminta untuk membayar ganti rugi karena telah merusak lingkungan dan fungsi gambut seluas 1.000 hektar.

Dalam sidang putusan tersebut, PT. Kallista Alam telah melakukan pembakaran di lahan gambut kawasan Suak Bahong, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya. Dan pihak PT Kalista Alam diminta untuk membayar ganti rugi atas kerusakan lingkungan yang terjadi di lahan seluas 1.000 hektar sebesar Rp114 miliar lebih.

Sementara itu, Kuasa Hukum PT. Kallista Alam, Alfian C Sarumaha kepada sejumlah wartawan mengatakan terakait putusan itu, pihaknya akan melakukan banding, sebab Dalam sidang pemeriksaan setempat hakim hanya mengambil beberapa sample.

“Kita akan banding, hakim hakim hanya mengambil beberapa sample tidak melakukan pemeriksaan di atas 1.000 hektar sebagaimana yang dituduhkan,” kata Alfian.

Ia mengaku, putusan tersebut belum final, “Sebab masih ada waktu 14 hari bagi para pihak untuk melakukan banding,” katanya menambahkan.

Sebagaimana diketahui, PT Kalista Alam digugat oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) agar memberikan dana rehabilitasi untuk memperbaiki lahan gambut yang hancur akibat dibakar untuk kepentingan pembukaan lahan kebun kelapa sawit.

Sebelumnya, PN Meulaboh juga telah menetapkan sita lahan PT Kalista Alam sebagai jaminan atas ganti rugi. KLH menggugat ganti rugi sebesar Rp 300 miliar karena PT Kalista Alam dianggap telah melakukan kegiatan pembakaran lahan secara ilegal di lahan hutan gambut Rawa Tripa.

Dari pantauan, hadir dalam persidangan tersebut, Kuasa Hukum KLH, Askari (Jaksa Pengacara Negara), Abdul Kadir (Jaksa Pengacara Negara) dan Syarifuddin (Pengacara).


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :