Topik Terhangat

Baliho Raksasa Milik KIP Abdya Terpasang Asal Jadi

Beleho Raksasa Milik KIP Abdya Terpasang Asal Jadi

Baliho Raksasa Milik KIP Abdya Terpasang Asal Jadi

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Pemasangan Baliho Raksasa milik Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) ditegakkan tidak sesuai prosedur dan hanya dikerjakan asal jadi, akibatnya puluhan baliho raksasa yang terpasang ditempat-tempat umum itu banyak roboh dan rusak parah.

Seperti yang terlihat di samping pekarangan kantor Camat Manggeng di Jalan Nasional, Desa Paya, Kecamatan Manggeng, baliho raksasa milik KIP Abdya yang bertuliskan ‘Ayo Memilih Untuk Indonesia’ tampak telah jatuh dari tiang penyangganya dan menutupi semak-semak di bawah baliho dimaksud. “Baliho raksasa ini jatuh dan rusak begini hanya berselang 1 jam paska pemasangan,”ungkap Maulana, warga setempat yang ditemui DiliputNews.com, Rabu (8/1).

Dikatakannya, baliho raksasa itu dipasang hanya bermodalkan 2 batang pokok nibung dan 2 batang balok kayu ukuran 5×5, dipasangnya pun hanya didirikan mencakar langit tanpa adanya kaki penyangga tiang, akibatnya saat angin menghantam, tiang penyangga beserta baliho akan roboh tertiup angin dan menyebabkan baliho rusak dan robek. “Kami berkesimpulan, pemasangan baliho ini cilet-cilet atupun asal jadi, pasti tidak sesuai prosedur,”demikian ungkap Maulana.

Pandangan serupa juga terlihat di Desa Ujong Tanoh Kecamatan Lembah Sabil, baliho raksasa milik KIP Abdya itu tampak sudah roboh menutupi jalan lintas warga disamping Mesjid Al-Munawwarah desa setempat, bahkan menurut keterangan Fauzan Adami, Ketua Pemuda desa itu saat roboh, baliho raksasa itu hampir saja menimpa sejumlah anak-anak yang bermain di lokasi mesjid dan Taman Pengajian Al-quran (TPA). “Disamping hampir membahayakan sejumlah anak-anak di desa ini, Baliho ini juga sudah memutuskan tali aliran listrik ke Mesjid dan TPA desa kami saat baliho itu roboh,” ungkapnya.

Demikian juga baliho raksasa milik KIP Abdya disepanjang jalan Negara mulai dari Kecamatan Lembah Sabil hingga Kecamatan Manggeng, Tangan-Tangan, Setia dan Kecamatan Blangpidie terlihat tidak ada yang sempurna lagi, rata-rata baliho itu sudah rusak dan tiang penyangganya banyak yang sudah roboh

Ketua KIP Abdya Muhammad Jakfar dihubungi DiliputNews.com, secara terpisah terkait masalah itu menolak memberi komentar dengan alasan dirinya bukan sebagai Pengguna Anggaran (PA). “Dalam masalah itu kami pihak Komisioner KIP jelas no comment, silakan tanyakan pada PA langsung dalam hal ini bapak Sekretaris KIP,” elaknya.

Sementara itu, Sekretaris KIP Abdya Zulbaili yang dihubungi melalui ponselnya juga belum mau memberi keterangan dengan alasan sedang berada di Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. “Nanti saja kita jumpa ya, kita selesaikan secara adat, jangan ditulis dulu ya, tunggu saya pulang ke Abdya,” katanya singkat tanpa menjelaskan makna penyelesaian secara adat yang dimaksudnya.(Red/Zal)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :