Topik Terhangat

Razia Rutin Kurangi Pelanggaran Berlalu Lintas di Abdya

Razia Rutin Kurangi Pelanggaran Berlalu Lintas di Abdya

Razia Rutin Kurangi Pelanggaran Berlalu Lintas di Abdya


BLANGPIDIE | DiliputNews.com –S atuan Polisi Lalulintas Polres Aceh Barat Daya (Abdya) akan terus menggelar razia rutin kendaraan bermotor (Ranmor) pada siang dan pada waktu malam  guna menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas untuk  ketertiban para pengguna jalan raya.

“Melalui razia ini, diharapkan ke depannya akan muncul budaya tertib lalu lintas di kalangan warga Abdya,” ujar Kasat Lantas Polres Abdya, Iptu Imam Syafi’i, kepada DiliputNews.com, disela-sela kesibukannya dalam kegiatan razia rutin di pusat Kota Blangpidie, Senin (13/1).

Imam cikup optimis bahwa penertiban lalulitas akan segera terwujud, seiring gencarnya razia dan penindakan pelanggaran yang dilaksanakan Sat Lantas Polres Abdya mulai pagi, siang, sore dan malam di sejumlah lokasi yang terjadwal dengan  waktu yang berbeda.

“Kita harapkan dengan adanya aksi ini, terjadi perubahan besar terhadap perilaku masyarakat dalam berlalulintas setidaknya terjadinya pengurangan angka pelanggaran dan kecelakaan,” sebutnya.

Sasarannya adalah pengendara yang tidak membawa kelengkapan berkendaraan seperti STNK, SIM dan atribut keselamatan lainnya. Bagi pengguna jalan yang tidak mematuhi aturan itu  akan ditindak dan wajib mengikuti persidangan di pengadilan.

Hasil razia ini menjadi bentuk kedisiplinan bagi masyarakat dalam berlalulintas sehingga lebih patuh terhadap peraturan yang telah ditetapkan.

Bahkan dengan diterapkannya Undang-Undang Lalulintas yang baru seperti menghidupkan lampu pada siang hari, diharapkan masyarakat di wilayah Abdya akan semakin tertib dalam berlalulintas.

“Seluruh kegiatan ini sebenarnya dilakukan untuk melaksanakan penegakan hukum terhadap pelanggaran berlalulintas dan juga menghindari terjadinya kemacetan dan laka lantas sehingga terciptanya Ketertiban diwilayah hukum Abdya,” lanjut  Iptu Imam

Lebih lanjut, Iptu Imam menerangkan, operasi berupa razia rutin yang dilaksanakan ditujukan untuk semua jenis kendaraan, mulai dari roda dua, roda empat.
“Pertama sekali kita tertibkan adalah pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar, karena merupakan salah satu upaya mencegah benturan yang terjadi jika terjadi kecelakaan”, katanya.

Kemudian razia ini juga untuk menekan tindak kejahatan curanmor, dengan menunjukan surat-surat kendaraan berarti kendaraan yang dibawa bukan merupakan hasil kejahatan dan setiap mengendarai kendaraan pengendara wajib membawa surat kendaraan. (Red/Zal)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :