Topik Terhangat

Warga Bulohseuma Tunggu Realisasi Jalan Tembus

Warga Bulohseuma Tunggu Realisasi Jalan Tembus

Warga Bulohseuma Tunggu Realisasi Jalan Tembus

TAPAKTUAN | DiliputNews.com – Masyarakat Kemukiman Buloh Seuma Kecamatan Trumon, Aceh Selatan, berharap pemerintah provinsi merealisasikan pembangunan ruas jalan tembus dari daerah itu ke Kuala Baro, Aceh Singkil dengan panjangnya mencapai sekita 34 kilometer.

“Kami berharap komitmen Pemerintah Aceh sebelumnya dapat diwujudkan mulai tahun ini (2014), sehingga daerah kami bisa terbebas dari keterbelakangan seperti selama ini,” kata tokoh muda Buloh Seuma Zainal yang dihubungi dari Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan, ruas jalan Keude Trumon-Buloh Seuma telah selesai penggerasan dan sudah dapat dilalui kendaraan bermotor. Sebelum jalan itu dibangun, masyarakat Buloh Seuma hanya memiliki satu-satu akses transportasi yakni melalui jalur laut ke Trumon.

“Puluhan tahun hidup kami terisolir, dan untuk mencapai dari dan ke Buloh Seuma hanya bisa dilalui lewat transportasi laut. Artinya, kalau cuaca tidak bersahabat maka sulit mencapai Buloh Seuma,” kata Zainal menjelaskan.

Harapan akan segera dibangunnya ruas jalan Buloh Seuma-Kuala Baro (Aceh Singkil) itu juga disampaikan sejumlah tokoh masyarakat kepada Wali Nanggroe Malik Mahmud Al-Haytar saat prosesi peusijuk wali nanggroe.

Dijelaskannya, apabila pembangunan jalan tembus dari Keude Trumon-Buloh Seuma hingga Kuala Baro (Aceh Singkil) itu selesai, maka daerah penghasil madu tersebut benar-benar terbebas dari isolasi.

Penduduk Kemukiman Buloh Seuma itu hampir mencapai 1.000 jiwa dengan mayoritas mata pencahariannya adalah petani, sekitar 20 persen nelayan dan 10 persen lainnya. Sementara sekitar 30 persen masyarakat Buloh Seuma buta huruf, dan rata-rata warga tamatan sekolah dasar.

“Kondisi sosial masyarakat Buloh Seuma itu benar-benar memprihatinkan kita semua. Kondisi tersebut membuat masyarakat tertekan dikarenakan daerah yang terisolir dan terasing dari dunia luar,” kata jurubicara Kaukus Pantai Barat dan Selatan Aceh TAF Haikal.

Sementara sebelumnya, Wagub Aceh Muzakir Manaf memastikan pembangunan jalan tembus dari Keude Trumon, Buloh Seuma sampai Kuala Baro Aceh Singkil akan direalisasikan pada  2014.

Pembangunan ruas jalan hingga ke Kuala Baro Aceh Singkil  itu dengan sistem multiyears dengan kucuran dana awal tahun anggaran 2014 mencapai Rp50 miliar.(Red/Ant)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :