Topik Terhangat

Akibat Salah Paham, Nelayan Abdya Hadang Petugas Pol Air

Akibat Salah Paham, Nelayan Abdya Hadang Petugas Pol Air

Akibat Salah Paham, Nelayan Abdya Hadang Petugas Pol Air

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Satuan Polisi Air (Sat Pol Air) Polres Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis (16/1) menggelar razia kelengkapan surat-surat kapal nelayan hingga kelengkapan keselamatan nelayan selama melaut di Dermaga Ujong Serangga, Kecamatan Susoh, Kabupaten setempat.

Pemeriksaan yang dilakukan Sat Pol Air tersebut menuai protes dari sekelompok nelayan yaitu dengan menghadang petugas kepolisian untuk memeriksa kapal-kapal nelayan dimaksud.

Akibat penghadangan itu, membuat suasana di Kompleks PPI Ujung Serangga, Kecamatan Susoh semakin memanas, aparat Kepolisian Air terpaksa harus bertindak tegas untuk memulihkan keadaan.

Kapolres Abdya AKBP Eko Budi Susilo SIK, melalui Kasat Pol Air Polres Abdya, Ipda Karnofi kepada sejumlah wartawan mengatakan, kejadian tersebut hanyalah salah paham. Katanya, para nelayan menduga akan terjadi penangkapan terhadap sejumlah kapal-kapal milik mereka.

“Padahal tugas kita hanya menertibkan seluruh kapal nelayan yang berada di wilayah hukum Abdya. Namun para nelayan salah mengartikan akan hal itu, sampai-sampai terjadi penghadangan yang dilakukan sekelompok nelayan kepada sejumlah petugas yang sedang melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah kapal nelayan di Muara Pulau Kayu karena diduga banyak yang tidak dilengkapi surat izin berlayar,” sebut Karnofi pasca kejadian tersebut.

Pada umumnya, lanjutnya, kapal nelayan di Abdya tidak memiliki kelengkapan surat kapal seperti Surat Izin Usaha Perikanan dan Surat Izin Penangkapan Ikan (Siup-Sipi), serta Tanda Pencatatan Kegiatan Perikanan (TPKP).

Kelengkapan surat-surat kapal merupakan salah satu upaya untuk menertibkan administrasi kelautan. Ini berlaku bagi seluruh nelayan, baik lokal maupun nelayan luar daerah yang melakukan penangkapan ikan di perairan ini.

“Selain untuk mentaati administrasi kelautan, kepemilikan Siup-Sipi dan TPKP, juga berfungsi untuk menjaga keamanan serta kenyamanan bagi nelayan saat melakukan aktifitas melautnya. Kita memaklumi atas tindakan para nelayan itu, sebab ini masih langkah awal kita untuk melakukan penertiban, keamanan, kenyamanan dan keselamatan mereka juga,” jelasnya.

Sementara itu, Waka Polres Abdya, Kompol Tamlikan juga turut memantau kondisi di lapangan sekaligus mencari jalan keluar dari ketidak pahaman para nelayan setempat.
Kepada puluhan nelayan, Tamlikan berharap agar mematuhi semua aturan yang telah ditetapkan dalam kegiatan aktifitas melaut.

“Seharusnya para nelayan dapat mengerti, mengapa sampai ada penertiban seperti ini. Tentunya ada kekurangan yang harus dilengkapi, yang semuanya itu adalah untuk kepentingan dan kebutuhan nelayan juga. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada para nelayan, agar menyikapi hal ini dengan bijak, jangan sampai ada salah penafsiran, bahkan untuk keperluan surat-surat tersebut, kami siap membantu para nelayan dalam pengurusannya dan akan dibantu oleh Sat Pol Air,” imbunya menenangkan sejumlah nelayan.

Berfikir Ditangkap

Alamsyah (45), salah seorang pemilik kapal kepada wartawan secara terpisah mengaku adanya salah penafsiran antara para nelayan terhadap petugas Sat Pol Air Abdya. Mereka berfikir ada penangkapan terhadap sejumlah kepal nelayan miliknya.
“Kami sebelumnya salah paham, sehingga terjadinya ketegangan antara para nelayan dan petugas kepolisian. Setelah mendapatkan penjelasan dari sejumlah petugas, barulah kami tahu, bahwa razia tersebut hanyalah untuk melakukan penertiban terhadap kelangkapan surat-surat izin melaut serta kelengkapan keselamatan awak kapal,” ungkapnya.

Akan hal itu, para nelayan menyambut dan berjajanji untuk segera melangkapi semua izin dan kelengkapan keselamatan selama melaut. “Kami sangat mendukung atas program tersebut, oleh karena itu kita akan melakukan pendataan kembali sehingga proses pengurusan sejumlah izin cepat selesai,” ujarnya.(Red/Zal)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :