Topik Terhangat

Pembukaan Lahan PT Kalista Alam Atas Perintah Bupati

Pembukaan Lahan PT Kalista Alam Atas Perintah Bupati

Pembukaan Lahan PT Kalista Alam Atas Perintah Bupati

MEULABOH | DiliputNews.com – Pembukaan lahan perkebunan Kelapa Sawit milik PT Kalista Alam atas perintah Bupati Nagan Raya, HT. Zulkarnaini melalui surat izin lokasi yang diterbitkan pada tahun 2008.

“Kami membuka lahan tersebut atas perintah dan izin lokasi Bupati Nagan Raya, ada di point (H),” kata Saksi PT Kalista Alam, Sentosa saat menjalani sidang Pidana dengan nomor 132/Pid.B/2013/PN MBO, Kamis (16/1).

Sidang yang dipimpin Arman Surya Putra didampingi rekannya Juanda Wijaya SH dan Rahma Novatiana SH, Sentosa juga mengungkap seharusnya sebelum ada pengukuran kadastral tidak boleh buka lahan. “Tapi izin lokasi itu menyebutkan pembukaan lahan,” katanya menambahkan.

Keputusan Bupati Nagan Raya itu, katanya tidak mendetail, banyak yang menganggap sudah bisa membuka lahan. Seharusnya sebelum ada pengukuran kadastral tidak boleh buka lahan. “Tapi izin lokasi itu menyebutkan pembukaan lahan,” ungkapnya.

Sementara itu sebelumnya Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Nagan Raya, Sudarman yang berpakain dinas mengatakan izin lokasi yang diterbitkan oleh Bupati Nagan Raya itu berlaku tiga tahun.

“Izin tersebut untuk kelengkapan mengurus syarat mendapatkan HGU, bukan untuk buka lahan,” jelasnya didepan hakim.

Katanya lagi, Izin lokasi yang dipegang oleh PT. Kalista Alam itu sudah habis masa berlakunya dan Bupati Nagan Raya tidak memperpanjang izin tersebut karena beberapa pertimbangan,” ungkapnya dalam persidangan.

Sidang Pidana atas dugaan pembukaan lahan tanpa izin, atas terdakwa bernisial SR berlangsung masih agenda pemeriksaan saksi-saksi. Hadir kuasa hukum PT. Kalista Alam, Alfian, Rebecca, Irianto dan Agus Herliza. (Red)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :