Topik Terhangat

Aceh Barat Daya Gelar Tanam Serentak Perdana

Abdya Gelar Tanam Serentak Perdana

Abdya Gelar Tanam Serentak Perdana


BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Abdya menggelar prosesi tanam serentak untuk masa tanam tahun 2014 di Desa Drien Jaloe, Kecamatan Tangan-Tangan, Kamis (23/1)

Hadir dalam acara itu, Bupati Abdya Jufri Hasanuddin, Wakil Bupati  Yusrizal Razali, Kapolres Abdya AKBP Eko Budi Susilo Sik, Dandim 0110 Abdya Letkol Arm E Dwi Karyono AS, Kajari Blangpidie H Umar Z SH MH, Kepala Badan Ketahanan Pangan Aceh Hasanuddin Darjo, Asisten Pemerintah Max Rivai, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Abdya Ir Adusmin Umar, para kepala SKPK, unsur Muspika, para kelompok tani dan sejumlah tamu undangan.

Kadistannak Abdya Ir Adusmin Umar, mengawali acara melaporkan tentang tata cara pengolahan hasil pertanian dan pengembangan yang sudah dilakukan pada sejumlah kelompok tani. “Kita sudah melaksanakannya pada Kelompok Tani Jaya, Desa Drien Jaloe, Kecamatan Tangan-Tangan, sementara di Abdya ini terdapat 608 kelompok tani dengan jumlah 22.106 orang,”sebutnya.

Dari jumlah lahan yang ada, lanjut Adusmin, untuk penangkaran benih padi seluas 60 hektar, selain itu juga akan dilakukan pengembangan padi Sigupai. “Dan itu akan kita bina bersama bersama dengan para kelompok tani disetiap Kecamatan,”tuturnya.

Selain menanam padi pada tahun 2013 lalu, tambah Adusmin, pihaknya juga mengembangkan jagung yang diperkirakan dalam dua minggu ini akan segera panen. “Pengembangan jagung merupakan kerja sama dengan Pihak TNI program manunggal dalam meningkatkan ketahanan pangan diseluruh Indonesia,”terangnya.

Sementara itu, Kepala BKP Aceh Hasanuddin Darjo, menyampaikan, tahun lalu pertanian di Abdya sudah mencapai kesuksesan semoga tahun ini akan lebih meningkat. “Saya cukup tertarik dengan revolusi yang dicanangkan pemerintah Abdya untuk sektor pertanian, hari ini sudah menampakkan objektifnya, jadi untuk mewujudkan itu semua, harus tersedianya ahli pertanian. selain itu kami juga bangga dengan sigupai yang sudah mulai dikembangkan di Abdya,”katanya

Selanjutnya, Bupati Abdya Jufri Hasanuddin mengatakan, bahwa kesadaran petani di Abdya cukup luar biasa, ketahanan pangan nasional juga akan berujung untuk ketahanan stabilitas republik indonesia kedepan, fokus dan komit merupakan program pemerintah, untuk itu pemerintah akan berupaya secara maksimal demi menyokong para petani. “Ketika petani mandiri, maka pemerintah akan fokus pada sektor yang lainnya, yaitu dengan fokus disertai  iklas,”katanya.

Bupati Jufri menambahkan bahwa hampir 60 persen masyarakat Abdya bergantung pada sektor pertanian. “Jadi yang dimaksud dengan mandiri, petani itu benar-benar sudah mandiri, kalau belum mandiri maka pemerintah akan selalu mendampingi, yang jelas berbagai macam persoalan pertanian akan kita bantu dan kita dukung,”ujarnya sekaligus dilanjut dengan penyerahan secara simbolis satu unit Handtraktor dan mesin tanam padi kepada salah satu kelompok tani.(Red/Zal)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :