Topik Terhangat

Dana Otsus Harus Optimal Bangun Aceh

dana

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Ketua tim pemantau otonomi khusus (otsus) untuk Aceh dan Papua Priyo Budi Santoso mengatakan dana otsus yang setiap tahun diterima Aceh harus dimanfaatkan secara optimal bagi pembangunan jangka panjang di provinsi itu.

“Itu memang menjadi tantangan bagi pemimpin di Aceh untuk memobilisir kewenangan yang melekat dan dana yang cukup besar itu guna mempercepat pembangunan Aceh,” katanya kepada Antara di Banda Aceh, Jumat (24/1).

Hal tersebut disampaikan Priyo Budi Santoso seusai pertemuan dengan Ikatan Cendikiawan Muslim Orwil Aceh dan elemen mahasiswa dalam rangka menjaring aspirasi terkait dengan pembangunan di provinsi itu.

Dana otsus yang besar bagi Aceh itu menjadi harapan semua pihak agar bisa membawa perubahan untuk meningkatkan kesejahtaraan masyarakat di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa tersebut, kata politisi Partai Golkar itu.

Priyo Budi Santoso yang juga Wakil Ketua DPR RI itu menambahkan, jika dana Otsus tersebut tidak bisa memberikan dampak bagi kesejahtaraan rakyat dan kemajuan pembangunan di Aceh maka nantinya masyarakat semakin tidak percaya kepada siapapun yang akan memimpin provinsi ini.

Dalam pertemuan itu ikut dihadiri Ketua Dewan Pakar ICMI Orwil Aceh Yusny Saby, Ketua ICMI Orwil Aceh Farid Wajdy Ibrahim serta unsur Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) provinsi tersebut.

Dipihak lain, Priyo juga mengatakan sesuai harapan ICMI agar dana Otsus senilai Rp26,7 triliun itu betul-betul nyata diperuntukkan untuk mempercepat dan memobilisir pembangunan-pembangunan infrastruktur Aceh, baik dibidang sosial, kesehatan, dan pengentasan kemiskinan.

“Saya nanti ingin pastikan agar Gubernur Aceh serta para bupati dan wali kota di Aceh serta pimpinan legislati provinsi maupun kabupaten dan kota untuk betul-betul mendengarkan pendapat dari yang lainnya,” kata dia menambahkan.

Ia juga menjelaskan pihaknya bersama anggota tim pemantau otsus itu untuk membantu sepenuhnya guna mempercepat pembangunan berbagai sektor di Aceh sehingga dimasa mendatang dapat terlihat provinsi ini benar-benar telah maju.(Red/Ant)

 


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :