Topik Terhangat

350 Personel Gabungan Apel Siaga Bencana Di Nagan Raya

350 Personel Gabungan Apel Siaga  Bencana Di Nagan Raya

350 Personel Gabungan Apel Siaga Bencana Di Nagan Raya

NAGAN RAYA | DiliputNews.com – Personil Kodim 0116 Nagan Raya beserta seluruh jajaran dan beberapa element masyarakat menggelar apel gabungan ke siap siagaan penanggulangan bencana ALAM di Makodim 0116/Nagan Raya, Rabu (29/1).

Adapun Peserta apel gabungan berjumlah 350 orang terdiri TNI AD dari Kodim 0116/Nara, dan Yonif Kipan A dan B Yonif 116/GS, Brimob Sub Den D 3C , Satpol PP, serta BPBD Kabupaten Nagan Raya.

Dandim 0116/Nara, Letkol Inf Budi Haryono dalam sambutannya sebagai pimpinan apel gabungan ini mengatakan perlu keseriusan serta kesiapan yang matang dan kerjasama yang baik dalam menanggulangi dan penanganan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Budi Haryono menambahkan, masyarakat bila membutuhkan pertolongan, selain menghubungi BPBD, bisa menghubungi Kodim, Koramil serta aparat Kepolisian terdekat.

Selain itu komunikasi katanya, antar instansi bisa ditingkatkan, sehingga bila terjadi musibah bisa segera ikut membantu memberikan pertolongan. “Selama 24 jam Kodim 0116/Nagan Raya siap memberikan bantuan bila dibutuhkan,” katanya.

Ia menjelaskan, cuaca buruk seperti angin kencang dan tingginya curah hujan, sering menyebabkan terjadinya banjir dan tanah longsor. Oleh karena itu perlu kesiap siagaan dan kerjasama yang baik antar element masyarakat untuk menanggulangi dan menangani berbagai bencana alam yang terjadi, seperti banjir dan tanah longsor ini.

“Tidak hanya kesiap siagaan personil, tapi juga harus didukung dengan peralatan dan sarana keselamatan yang memadai, agar kita bisa selalu siap siaga dalam menghadapi dan menanggulangi bencana alam, guna mencegah terjadinya kerugian harta maupun korban jiwa,” tambahnya.

Selanjutnya Budi Haryono, Kadis BPBD dan rombongan meninjau dan memeriksa kesiapan peralatan dan sarana keselamatan milik TNI/Polri, dan BPBD Nagan Raya yang akan digunakan untuk membantu warga dalam menanggulangi dan menangani korban bencana alam seperti banjir dan tanah longsor yang kerap terjadi dan sering memakan korban harta maupun korban jiwa di wilayah Kab. Nagan Raya.

Peralatan dan sarana yang akan digunakan untuk menganggulangi dan membantu korban bencana alam dilengkapi dengan beberapa unit kendaraan roda empat dan roda dua, beberapa unit perahu karet, dan perlengkapan peralatan memasak untuk keperluan dapur lapangan.(Red/Rel)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :