Topik Terhangat

Lahan Gambut Di Kayee Lon Aceh Jaya Terbakar

Lahan Gambut Di Kayee Lon Aceh Jaya Terbakar

Lahan Gambut Di Kayee Lon Aceh Jaya Terbakar

CALANG | DiliputNews.com – Kebakaran Lahan Gambut di kawasan Kayee Lon, Kabupaten Aceh Jaya, Rabu (12/2) kembali terbakar, akibatnya jalan lintas provinsi itu ditutupi asap tebal sehingga membuat jarak pandang terganggu.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Rabu (12/2/2014), mengatakan berdasarkan pantauan Satelit NOAA18 di Riau tercatat 243 titik api, sedangkan di Aceh 75 dan Sumatera Utara 74 titik api.

“Bulan Februari hingga Maret 2014 diperkirakan di ketiga wilayah itu akan makin kering karena hujan di bawah normal menjadi kering. Kondisi ini memicu pembakaran lahan dan hutan makin marak,” ujar Sutopo dikutip dari vivanews, Rabu (12/2/2014)

Menurut Sutopo, sebagian besar titik api berada di sekitar jalan atau dekat dengan permukiman. Ini menunjukkan bahwa kebakaran tersebut disengaja atau dibakar, baik oleh individu maupun kelompok. “Memang, 99 persen penyebab kebakaran lahan dan hutan di Indonesia adalah dibakar,” katanya.

Selain akibat kabut asap, kabut juga bercampur dengan awan fog, yakni awan di permukaan tanah sebagai akibat penguapan yang tidak menghasilkan hujan dan awan-awan tersebut turun hingga permukaan.

Kepala BNPB, Syamsul Maarif, telah memerintahkan semua aparat, khususnya di daerah, harus tegas menegakkan hukum. Sudah banyak peraturan yang dibuat terkait kebakaran lahan dan hutan, tetapi tidak dijalankan. Padahal kunci utama pengendalian kebakaran lahan dan hutan adalah di penegakan hukum.

Sementara, berbeda dengan BNPB, Kepala Seksi Analisa dan Informasi BMKG Pekanbaru, Slamet Riyadi mengatakan, jika dilihat melalui satelit Terra dan Aqua, hanya ada 24 titik api atau hotspot di Riau. (Red/At)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :