Topik Terhangat

Realisasi Ekspor Non Migas Aceh Rendah

Realisasi Ekspor Non Migas Aceh Rendah

Realisasi Ekspor Non Migas Aceh Rendah


BANDA ACEH | DiliputNews.com – Realisasi ekspor nonmigas Provinsi Aceh sepanjang 2013 mencapai 73,20 juta dolar AS atau mengalami penurunan sebesar 21,93 persen dari 2012 sebesar 93,76 juta dolar AS.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh Safwan di Banda Aceh mengatakan penurunan ekspor tersebut sebagai dampak dari pemberlakukan kebijakan pemerintah yang memperketat ketentuan ekspor bijih besi.

“Selain itu, menurunnya nilai ekspor komoditas nonmigas Aceh pada 2013 juga disebabkan tidak adanya realisasi ekspor pupuk Urea karena produksinya hanya mampu untuk kebutuhan masyarakat dalam negeri,” katanya pada workshop pengembangan potensi daerah dan wirausaha muda, Rabu 12 Februari 2014.

Safwan juga menjelaskan, beberapa komoditas ekspor komoditas nonmigas Aceh terbesar disumbangkan oleh kopi arabika, selain juga handy crafts, ikan tuna dan kelapa.Untuk jumlah komoditas ekspor nonmigas Aceh pada tahun 2013 mencapai 383,619 juta kilogram.

Sementara itu, lanjutnya, pemerintah Aceh bersyukur atas penetapan Krueng Geukueh Aceh Utara sebagai salah satu pelabuhan impor di pesisir pantai utara dan timur provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

“Kita bersyukur atas penetapan Krueng Geukueh sebagai pelabuhan impor, meski terbatas hanya pada produk-produk tertentu yang diperbolehkan masuk seperti produk makanan dan minuman, pakaian jadi, alas kaki dan elektronika,” katanya.

Secara nasional, Pemerintah Pusat hanya memberi izin bagi sembilan pelabuhan laut untuk mengimpor produk tertentu, masing-masing Pelabuhan Belawan (Sumatera Utara), Tanjung Priok (Jakarta), Tanjung Perak (Surabaya), Tanjung Emas (Semarang), Soekarno Hatta (Makassar), Jayapura (Jayapura), Dumai (Riau), Tarakan dan Krueng Geukueh (Aceh Utara).

Sementara pelabuhan laut di Aceh yang bisa melakukan aktivitas ekspor yakni Pelabuhan Malahayati Krueng Raya (Aceh Besar), Krueng Geukeuh (Aceh Utara), Kuala Langsa (Kota Langsa), Sabang (Kota Sabang), Bakongan (Aceh Selatan), dan Susoh (Aceh Barat Daya).(Red/Ant)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :