Topik Terhangat

Kapolda: Kualitas Ganja Gayo Lues Terbaik Dunia

Kapolda: Kualitas Ganja Gayo Lues Terbaik Dunia

Kapolda: Kualitas Ganja Gayo Lues Terbaik Dunia


BANDA ACEH | DiliputNew.com – Kapolda Aceh, Herman Effendi menyatakan ganja di Kabupaten Gayo Lues berstandar internasional, Ganja didaerah dingin tersebut memiliki kualitas terbaik dunia yang selalu diincar oleh masyarakat.

Hal tersebut dikatakannya saat penyampaian Analisa dan Evaluasi Kinerja Polda Aceh dihadapan DPRA, Kamis (13/2) di gedung Serba Guna DPRA.

“Ganja yang berasal dari Dataran Tinggi Gayo itu, bukan hanya menjadi incaran oleh orang Indonesia, namun sudah menjadi incaran dunia,” kata Herman Effendi.

Sepanjang tahun 2012 dan 2013, Herman Effendi merincikan kasus ganja tersangkanya 586 orang dengan barang bukti 35.894 kilogram. Kemudian kasus sabu-sabu tersangkanya 877 orang dengan barang bukti 10.154.522 kilogram.

“Bayangkan saja, diasumsikan, dengan konsumsi 0,1 gram per orang per hari, maka kurang lebih ada 1 kilogram sabu-sabu yang beredar per harinya di Aceh,” ungkapnya.

Menurut dia, kasus narkoba sepanjang tahun 2013 sudah berhasil menyelamatkan 17.947.000 jiwa manusia dari bahaya narkoba yaitu penangkapan 3 kilogram sabu-sabu di Aceh Timur, 3 kilogram sabu-sabu di Bandara Sultan Iskandar Muda dan 1 kilogram sabu-sabu dari paket kantor pos Banda Aceh.

Dijelaskannya, jenis kejahatan narkoba di Aceh meningkat dari tahun 2012 sebanyak 999 kasus menjadi 1.075 kasus di tahun 2013. “Angka tersebut meningkat dan ini masih butuh perhatian,” harap Kapolda Aceh.

Herman Effendi mengaku pemberantasan narkoba di Aceh belum maksimal, “Saya harus seriuskan untuk pemberantasan narkoba ini, dan saya berkomunikasi dengan Badan Narkotika bahwa di Aceh ada 1 juta orang pengguna narkoba,” pungkasnya.(Red/At)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :