Topik Terhangat

Petani Tuding Bupati Abdya Tidak Ada Tanggung Jawab Moral

Petani Tuding Bupati Abdya Tidak Ada Tanggung Jawab Moral

Petani Tuding Bupati Abdya Tidak Ada Tanggung Jawab Moral

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Sejumlah masyarakat Petani di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menuding Pemerintah Abdya  tidak ada tanggung jawab moral dan kurang perhatian terhadap nasib Petani di Kabupaten yang terkenal dengan julukan Breuh Pade Sigupai itu.

Salah satu Petani di Kecamatan Blangpidie, Nurhakim, kepada DiliputNews.com, Senin (17/2) mengatakan, dimana tanggung jawab moral seorang pemerintah Abdya dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati selaku pemimpin daerah.

“Seharusnya Bupati segera memikirkan nasib petani yang sudah menderita dilanda kekeringan, sebab menanam padi merupakan mata pencaharian sebahagian masyarakat Abdya,” ujarnya.

Sementara itu, kata Nurhakim yang juga merupakan mantan anggota DPRK Abdya periode 2004/2009 tersebut, menilai Bupati hanya asik keluar daerah tanpa memikirkan nasib rakyat petani yang sudah kesusahan dan mengalami musibah kekeringan.

“Ketika musibah kekeringan itu datang, seharusnya Bupati ada di daerah dan bersama-sama dengan mencari solusinya, jangan seenaknya keluar daerah saja, tapi pedulikan dulu nasib rakyat,” sebutnya.

Ketika Bupati meninggalkan daerah, lanjut Nurhakim, ini jelas-jelas Bupati tidak ada tanggung jawab moral selaku pemimpin rakyat.

“Masalahnya ada sekitar ratusan hektar sawah harus dibajak kembali sebab keretakan sawah sangat memprihatinkan akibat dilanda kekeringan, kemana harus kita mengadu, harusnya pemerintah segera berdayakan sumber air yang dapat dimanfaatkan agar dialiri ke lahan warga,” sambungnya.

Lebih lanjut, Nurhakim, menjelaskan, disaat panen raya tiba, Bupati dengan meriah membuat acara panen raya di Abdya, sementara pada saat penderitaan dirasakan oleh masyarakat petani saat ini, justru Bupati diam dan keluar daerah.

“Jangan hanya nikmati hasil panen saja, tapi lakukan dulu proses perbaikan untuk mendukung hasil panen itu supaya berhasil, bila seperti ini saya yakin panen raya di Abdya akan gagal,” pungkasnya yang dijumpai disalah satu warung kopi.

Sementara itu, ketika di konfirmasi Bupati Abdya Jufri Hasanuddin baru saja pulang dari luar daerah. “Bupati saat ini baru saja pulang setelah beberapa hari yang lalu keluar daerah dalam rangka urusan Dinas,” singkat Kabag Humas Setdakab Abdya Usmadi, SPd. (Red/Zal)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :