Topik Terhangat

Aceh Jaya Masih Diselimuti Kabut Asap

Aceh Jaya Masih Diselimuti Kabut Asap

Aceh Jaya Masih Diselimuti Kabut Asap

ACEH JAYA | DiliputNews.com – Kabut asap tidak hanya menjadi masalah di Pekanbaru, Riau dan sekitarnya. Tapi juga di sejumlah daerah di Aceh Jaya. Kondisi ini akibat dari kebakaran puluhan hektare lahan gambut di kawasan Kayee Lhon, Kecamatan Teunom.

“Kalau pagi dan malam itu asapnya tebal sekali, bisa mengganggu jarak pandang. Kita hanya bisa melihat dalam jarak 100 meter,” kata Teuku Munawar, warga Desa Padang Kleng, Aceh Jaya, Senin (17/2/2014).

Munawar menambahkan, asap yang mengepung perkampungan penduduk berasal dari puluhan hektare lahan gambut di Teunom, yang terbakar sejak beberapa hari lalu. “Sudah 2 minggu lebih lahan gambut terbakar. Kondisi ini bisa berbahaya bagi pengguna jalan raya,” tambah dia.

Asap tidak hanya menyelimuti Kecamatan Teunom, namun sampai ke wilayah Lamno (Kecamatan Jaya), Panga, dan Meulaboh.

Petugas Pemadam Kebakaran Pos Teunom terus berupaya keras memadamkan api di kawasan lahan gambut yang terletak di pinggir ruas jalan Banda Aceh-Meulaboh itu. Di sejumlah bagian lahan gambut, masih terlihat titik api.

“Masih sangat berkabut,” kata staf Humas Pemkab Aceh Jaya, Hendra. “Kami berharap para pengguna jalan raya untuk berhati-hati karena jarak pandang sangat terbatas.”

Menurut Hendra, petugas pemadam kebakaran kesulitan dalam memadamkan titik api. “Mereka tidak bisa masuk karena rawa-rawa,” ujarnya.

Saat ini, Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Jaya membagi-bagikan 900 unit masker kepada warga dan para pengguna jalan.

Satelit NOAA 18 milik Singapura sejak Selasa 11 Februari hingga Kamis 13 Februari mencatat sebanyak 75 titik api di berbagai wilayah di Aceh. Antara lain Nagan Raya 11 titik, Aceh Selatan dan Aceh Barat 10 titik, Singkil 23 titik, Aceh Timur 1 titik, Gunung Meriah dan beberapa wilayah lainnya.(Red/L6)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.diliputnews.com


© DiliputNews.com | Share :